Operator Seluler Diminta Atasi Jaringan yang Terganggu Saat Banjir

JAKARTA, KRJOGJA.com – Layanan telekomunikasi kembali terganggu saat banjir melanda, pada Kamis (2/1/2020), karena back up power untuk BTS terdampak hanya bertahan selama beberapa jam saja.

Menkominfo, Johnny G. Plate, dalam keterangannya menyebut, operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down, karena masih terdampak banjir.

"Kemkominfo akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler mengerahkan segala upaya pemulihan BTS yang masih down," kata Johnny dalam keterangan yang diterima.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan genset, agar BTS bisa teraliri listrik dan berfungsi normal. Pasalnya, PLN masih memutus jaringan listrik di beberapa wilayah karena kondisi yang dinilai belum aman.

Sebelumnya, sejumlah BTS seluler milik berbagai operator mengalami gangguan karena pemutusan aliran listrik PLN saat banjir, Rabu 1 Januari 2019.

Kendati demikian, hingga Rabu malam, secara keseluruhan masyarakat dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi, walaupun beberapa BTS mati.

Di kesempatan yang sama, Kemkominfo juga memberikan update mengenai jaringan telekomunikasi masing-masing operator. (*)

BERITA REKOMENDASI