Palapa Ring Timur Bisa Beroperasi di Pertengahan September Ini

PEMBANGUNAN Palapa Ring Timur dikabarkan sudah selesai. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan, proyek ini sudah masuk dalam tahap pemasangan konstruksi.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020, Twitter Akan Hadirkan Liputan Langsung

Rudiantara memperkirakan, bila pada minggu kedua atau ketiga September ini Palapa Ring Timur sudah bisa digunakan.

"Minggu kedua atau ketiga sudah bisa mulai dikomersilkan," ujarnya, saat menghadiri pengukuhan pengurus Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id), di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (28/8/2019).

Dalam rencana awal, infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring bagian Timur itu ada di 41 kabupaten di kepulauan Papua. Mulai dari pedesaan di pesisir sampai yang berada di atas gunung.

Dari jumlah tersebut, 28 diantaranya berada di dataran tinggi atau 2.000 sampai 3.000 meter di atas permukaan laut.

"Otomatis kita bangun tower. Mengangkut materialnya semua pakai helikopter. Mahal gak? Susah gak? Iya. Tapi demi Indonesia sentris, kita enggak boleh pilih-pilih, semua harus dibangun," tegas Rudiantara.

Ia menjelaskan, sebagian infrastruktur menggunakan fiber optik di dasar permukaan laut serta bawah tanah. "Sehingga untuk saudara-sadara kita di Papua, persamaan kecepatan telekomunikasi akan segera terjadi," ujarnya.(*)

BERITA REKOMENDASI