Penasaran Pup di Luar Angkasa? Ini Cara Kerja Toilet Canggih NASA

Editor: KRjogja/Gus

BANYAK hal perlu dipersiapkan jika ingin menjalani hidup di luar angkasa. Ada sejumlah hal yang dianggap sederhana di Bumi, namun jika dilakukan di luar angkasa menjadi suatu hal yang sulit dilakukan.

Misalnya terkait aktivitas di toilet. Bagaimana dapat melakukan kegiatan seperti buang air besar, buang air kecil, atau mandi di luar angkasa? Apakah bisa terdapat toilet di luar angkasa?

Dikutip dari Urbegizmo, Selasa (6/10/2020), NASA baru saja mengirim toilet canggih ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Toilet ini disebut bernilai puluhan juta dolar Amerika Serikat.

Toilet yang dibangun di Rusia tersebut berukuran besar dan berat. Toilet dengan desain baru tersebut memiliki berat sekira 100 pon dan 65 persen lebih kecil dari model yang sudah ada di sana.

NASA juga menampilkan desain baru dengan jok miring dan telah dibuat untuk mempertimbangkan anatomi wanita.

Toilet ini dirancang untuk menangkap lebih banyak limbah dibanding sebelumnya. Cara kerjanya akan menggunakan penyedotan untuk membantu mencegah limbah keluar.

Toilet baru ini bakal menangani urine yang membantunya diproses dengan aman oleh sistem daur ulang pesawat ruang angkasa.

NASA tidak akan mengganti toilet yang sudah ada saat ini. Diperkirakan akan tetap digunakan hingga akhir masa pakai stasiun luar angkasa.

BERITA REKOMENDASI