Pengguna FB Mulai Menurun

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pengguna muda Facebook terus menurun. Rerata penurunannya lebih cepat dari dugaan sebelumnya. Berdasarkan laporan eMarketer, tahun lalu hanya setengah dari pengguna internet muda di Amerika Serikat yang mengunjungi akun Facebook mereka sekali sebulan. Para pengguna muda ini berusia 12 hingga 17 tahun.

Berita buruk lainnya, penelitian terpisah dari Pew Research Center menunjukkan aplikasi Facebook banyak dihapus oleh pengguna muda. Pada kuartal tiga 2018, 44 persen dari pengguna muda telah menghapus aplikasi Facebook dari ponsel mereka. Ini adalah pengguna berusia 18 sampai 29 tahun.

Saat ini, pertumbuhan angka pengguna bulanan Facebook berasal dari pengguna yang lebih tua. Situasi seperti ini mengancam hilangnya 2 juta pengguna Facebook dari usia 24 tahun ke bawah. Sebab, mereka telah hijrah ke media sosial lain seperti Instagram dan Snapchat.

Inisiatif Facebook ini menanggapi fenomena dimana para remaja membuat akun khusus untuk acara yang mereka buat. Jika akun ini mengikuti seseorang, itu adalah tanda orang itu mendapat undangan.

Jika ada pengguna yang mengirimkan permintaan untuk mengikuti akun dan diterima, tandanya pengguna bisa mengikuti acara tersebut. Cara ini populer karena akun tersebut bisa di 'private' sehingga bisa jauh dari pantauan orang tua, misalnya.

Untuk menggaet kembali para pengguna muda itu, Facebook mengetes fitur baru agar pengguna bisa membagikan acara yang akan didatangi di Story mereka. Lewat fitur ini, pengguna bisa melihat siapa saja yang akan mendatangi acara yang sama dan membuat janji dengan mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI