Perizinan Online Dibuka, Investasi Dinanti

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan sistem perizinan online untuk semua direktorat.

Aplikasi perizinan online satu pintu ini akan memangkas proses birokrasi yang berbelit-belit agar semakin sederhana. Selain itu, aplikasi perizinan online ESDM juga bertujuan untuk mendorong usaha migas dan investasi.

"Layanan ini untuk meningkatkan usaha dan investasi. Dan membantu Pemerintah berbasis elektronik sekaligus komitmen Pemerintah untuk mencegah praktik korupsi," tutur Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial, Selasa (6/8/2019).

Disambut antusias, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengaku senang dengan realisasi peluncuran perizinan online satu pintu ESDM ini. Tetapi, dia berpesan komitmen jajaran Kementerian ESDM harus diperkuat lagi dengan sistem semua perizinan kini yang semakin digital.

"Kalau pelayanan lebih baik dan cepat, Alhamdulillah. Tapi butuh kesungguhan untuk bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. Jadi bagaimana orang ini bekerja dengan sungguh-sungguh," ujar Jonan.

Di sisi lain, Menteri Jonan menilai, penyempurnaan sistem perizinan online pada dasarnya berpengaruh untuk meningkatkan pertumbuhan GDP. Dengan proses yang kian sederhana, peningkatan GDP negara bisa dioptimalkan.

"APBN hanya mewakili 14,5 persen dari GDP kita. Jadi kontribusinya dikelola pemerintah pusat paling banyak 18 persen. Itu hanya mewakili berapa persen saja. Maka dari itu, kalau pelayanan tidak cepat maka pertumbuhan GDP terganggu," paparnya.(*)

BERITA REKOMENDASI