Perubahan Besar Perdagangan Terjadi Akibat Era Digital

ERA digital membawa dampak dan perubahan besar dalam perdagangan dunia pada masa depan. Pada 2015, nilai ekonomi digital telah mencapai US$ 3,5 triliun atau menyumbang 4 persen dari Gross Domestic Product (GDP) atau produk domestik bruto (PDB) dunia.

Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan Deny Kurnia‎ nilai ekonomi digital ini meningkat dua kali lipat dibandingkan 2008 yang baru mencapai 2 persen dari GDP dunia. Pertumbuhan untuk lima tahun ke depan diperkirakan sebesar 11 persen per tahun.

"Perdagangan digital merupakan bagian dari revolusi digital yang akan membawa dampak yang sangat luas bagi seluruh dunia," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (28/8/2016).

Deny mengatakan, sebanyak 1,8 miliar jiwa penduduk di negara-negara Asia Pacific Economic Cooperation (APEC)‎ telah bertransaksi online pada akhir 2015.

Jumlah itu sebanding 65 persen penduduk APEC yang berjumlah 2,85 miliar jiwa. Jasa online yang mempunyai pasar sebesar US$ 1,6 triliun diperkirakan akan tumbuh 13 persen per tahun sampai 2020. Sebanyak dua pertiga nilai tersebut berasal dari e-retail dan e-travel.(*)

BERITA REKOMENDASI