Ras Manusia Ada Kemungkinan Akan Punah pada 2017

SEORANG ahli matematika mengklaim bahwa 1 dari 500 kemungkinan ras manusia akan punah pada tahun 2017. Sang ahli adalah, Dr Fergus Simpson, pakar matematika dari University of Barcelona's Institute of Cosmos Sciences mengatakan, ada 0,2 persen kemungkinan dari 'bencana katastropik' yang terjadi pada suatu tahun tertentu selama abad ke-21.

Perhitungan ini didasarkan pada Argumen Doomsday, yang diklaim dapat memprediksi jumlah anggota spesies manusia di masa depan dengan memberikan perkiraan jumlah total manusia yang lahir sejauh ini.

"Kesimpulan utama kami adalah bahwa risiko tahunan bencana global saat ini melebihi 0,2 persen," tulis Dr Simpson dalam sebuah makalah akademis disebut Apocalypse Now? Menghidupkan kembali Argumen Doomsday, yang dapat diakses melalui perpustakaan online Cornell University. Demikian seperti dikutip dari Independent, Minggu (20/11/2016).

"Di tahun ketika Leicester City FC memenangkan juara Premier League, kita diingatkan bahwa peristiwa langka ini dapat membuktikan tantagan untuk mengantisipasi, namun mereka tidak boleh diabaikan," tambahnya.

Menurut perhitungan Dr Simpson, sekitar 100 miliar orang telah lahir dan jumlah yang sama akan lahir di masa depan sebelum umat manusia berakhir.

Dia memperkirakan ada 13 persen kemungkinan manusia akan gagal untuk melihat seperti apa itu Abad ke-21. Atau disebut dengan kiamat kecil.

Ini adalah kesimpulan yang lebih optimis dari penelitian sebelumnya, yang dilakukan oleh Astronom Kerajaan Inggris Sir Martin Rees menunjukkan ada 50 persen kemungkinan kepunahan manusia pada tahun 2100 dalam buku tahun 2003 yang berjudul Our Final Hour. (*)

BERITA REKOMENDASI