Saingi NASA, Badan Antariksa China Pamer Foto Bumi dan Bulan

BEIJING, KRJOGJA.com – Beberapa negara meluncurkan misi luar angkasa mereka pada tahun ini. Dikutip iNews, China berhasil meluncurkan misinya ke Mars sebelum NASA mengirim rover Perseverance.

Mars Probe yang menuju Planet Merah kini akan memberikan China banyak data dan pengamatan mengenai dunia asing.

Karena perjalanan masih jauh, China National Space Administration belum lama ini menangkap gambar fantastis Bumi dan Bulan. Gambar itu, yang diterbitkan oleh kantor berita Xinhua adalah pengingat, China dengan cepat mengejar power dunia lain.

Seperti yang dijelaskan Xinhua, foto diambil pada 27 Juli dan pesawat luar angkasa itu berlayar sepanjang 1,2 juta km dari Bumi. Seperti yang dilihat pada gambar, Bulan tampak jauh lebih besar dari Bumi yang jauh.

Misi itu sendiri adalah masalah yang sangat besar bagi China. Pasalnya, misi tersebut akan mencakup tidak hanya pengorbit untuk memantau planet dari atas tapi juga rover yang akan dikirim ke permukaan guna mengeksplorasi dan menganalisis berbagai hal.

Rover juga misi China pertama ke Mars, sehingga menempatkannya pada tingkat yang sama dengan kekuatan dunia penjelajah luar angkasa lainnya seperti Amerika Serikat. Dalam paper baru, tim sains di balik misi Tianwen-1 mengungkapkan semua peralatan teknologi ikut dalam perjalanan.

“Ada 13 muatan ilmiah dalam misi Tianwen-1 secara total. Tujuh instrumen di papan pengorbit terdiri atas dua kamera, Mars-Orbiting Subsurface Exploration Radar, Mars Mineralogy Spectrometer, Mars Magnetometer, Mars Ion and Neutral Particle Analyzer, dan Mars Energetic Particle Analyzer. Enam instrumen yang dipasang pada rover terdiri atas Multispectral Camera, Terrain Camera, Mars-Rover Subsurface Exploration Radar, Mars Surface Composition Detector, Mars Magnetic Field Detector, dan Mars Meteorology Monitor,” kata paper tersebut.

Terlepas dari instrumen tersebut, China memiliki beberapa tujuan yang sangat spesifik untuk misi tersebut. Negeri Tirai Bambu itu berharap untuk memetakan permukaan Mars, memeriksa tanah dan distribusi es di planet ini, bahkan mengukur atmosfer Mars yang tipis serta bagaimana hal itu memengaruhi iklim planet ini.

BERITA REKOMENDASI