Google Meet Saingi Zoom, Ini Cara Pakainya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Video chat sebenarnya bukanlah hal baru, namun aplikasi sejenis ini menjadi lebih booming saat pandemi. Salah satu perusahaan yang populer di tengah pandemi ialah Zoom. Zoom menawarkan layanan video konferensi.

Tidak hanya Zoom, Google juga menyediakan layanan serupa yang dinamakan Meet. Aplikasi ini semula hanya tersedia untuk organisasi yang menggunakan fitur G Suite, namun kini Google memperbolehkan siapa saya menggunakan fitur video chat ini secara gratis.

Sebelum menggunakan fitur Google Meets, pertama-tama Anda diharuskan untuk membuat akun e-mail Google. Akun ini dapat Anda buat secara gratis. Dengan akun e-mail itu, Anda dapat menjadwalkan video chat, mengundang teman, atau bergabung dengan ruang yang sudah tersedia.

Adapun fitur yang serupa dengan Hangouts dan Duo ini memiliki keunggulan dapat memuat 100 peserta dalam satu ruang obrolan. Meski demikian, versi gratis dari Google Meet ini rencananya akan menerapkan batasan 60 menit dalam satu ruang obrolan pada September mendatang.

Untuk Anda yang masih belum familier, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengakses Google Meet:

1. Mendaftar pada laman Google Meet

Sebelum memulai ruang obrolan, pertama-tama Anda harus mendaftar terlebih dahulu melalui laman meet.google.com. Pada laman itu, Anda akan diminta untuk mengisi data diri berupa nama, email, negara dan jenis penggunaan seperti pekerjaan atau pendidikan.

Setelah itu, Anda perlu menyetujui syarat dan ketentuan yang disediakan sebelum akhirnya mengirim data diri tersebut.

2. Memulai ruang obrolan (video chat)

– Akses Google Meet melalui laman meet.google.com, melalui aplikasi iOS atau Android, atau dapat pula melalui Google Calendar.

– Pada laman Google Meet, klik tombol Start New Meeting untuk membuat ruang obrolan.

– Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk memilih akun e-mail yang hendak digunakan untuk membuat ruang obrolan.

– Jika akun sudah Anda pilih, klik Join Meeting untuk memulai ruang obrolan. Setelah ruang berhasil dibuat, Anda dapat mengundang teman dan memulai obrolan selama 60 menit.

Perlu diketahui, selain membuat ruang dan mengundang teman, Anda juga dapat menghapus dan menolak seseorang dari ruang obrolan.

Selain itu, untuk menjaga kondusifnya pertemuan online ini, Anda dapat mengatur untuk mematikan mikrofon mereka saat tidak digunakan.

BERITA REKOMENDASI