Sepanjang Pekan Ini Posisi Jupiter Dapat Terlihat Jelas

JUPITER dilaporkan tengah berada dalam oposisi dalam pekan ini. Maksudnya, Bumi, Jupiter, dan Matahari tengah berada dalam satu garis lurus.

Kondisi ini memungkinkan pengamat di Bumi untuk melihat Jupiter dengan lebih mudah. Seperti dikutip dari Popular Mechanics, Kamis (13/6/2019), posisi terdekat Jupiter dengan Bumi terjadi pada 10 Juni 2019.

Tidak hanya Jupiter, pengamat di Bumi juga dapat melihat empat satelit planet tersebut, mulai dari Io, Europa, Callisto, dan Ganymede. NASA memperkirakan kondisi ini terjadi sepanjang pekan ini.

Oleh sebab itu, badan antariksa Amerika Serikat itu menyebut bulan ini menjadi waktu yang tepat untuk mengamati Jupiter dengan lebih jelas.

Menurut NASA, pengamatan Jupiter kali ini dapat dilakukan melalui teropong atau teleskop. Meskipun, menurut NASA, kondisi cuaca juga menentukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik.

Perlu diketahui, peristiwa ini biasanya terjadi sekali setiap 13 bulan. Oleh sebab itu, bagi kamu yang melewatkannya, perlu menunggu satu tahun lagi untuk dapat melihat Jupiter secara dekat.(*)

BERITA REKOMENDASI