Siap Buat Narik! Ini 8 Tips Memilih Paket Data Internet Paling Cocok bagi Driver Ojol

KEMAJUAN teknologi digital telah terbukti mampu membuka banyak kemudahan dan kesempatan kerja baru bagi masyarakat. Salah satu contohnya adalah profesi ojek online atau biasa disingkat ojol yang telah menjadi sumber penghasilan jutaan orang di Indonesia. Jangan salah, menjadi driver ojek online nyatanya mampu memberikan penghasilan setara dengan UMK, bahkan melebihinya.

Namun, di sisi lain, berprofesi sebagai ojol bergantung pada koneksi internet tanpa henti agar bisa menggaet pelanggan secara online. Tanpa adanya koneksi internet, tentu saja mustahil bagi para driver ojol untuk bisa bekerja dan mendapatkan orderan. Biasanya, untuk menyediakan koneksi internet yang praktis dan fleksibel, driver ojol menggunakan layanan paket data internet.

Masalah lain lagi muncul karena harga paket data internet ini ternyata cukup menguras isi dompet. Terlebih bagi driver ojek online yang harus memiliki akses internet setiap harinya. Temti pengeluaran untuk membeli paket data internet bisa menggerus keuangan dan membengkakkan pengeluaran secara signifikan.

Mengetahui hal tersebut, tentu tak sedikit ojol yang berusaha mencari paket data internet dengan value dan layanan yang paling menguntungkan. Nah, di antara banyaknya provider seluler dan beragam paket data internet yang ditawarkan, pasti ada saja yang paling sesuai untuk dipilih. Untuk bisa menemukannya, simak 8 tips memilih paket data internet yang paling cocok untuk driver ojol berikut ini.

1. Ketahui Lokasi Penggunaan

Lokasi penggunaan paket data internet berkaitan erat dengan kualitas dan kestabilan sinyal yang nantinya Anda dapatkan. Jika operator seluler ternyata tidak menjangkau lokasi Anda biasa mencari pelanggan ojol, sudah pasti kenyamanan menggunakan paket data internet akan berkurang drastis.

Oleh karena itu, sebelum memilih, ketahui dulu jangkauan layanan dari operator seluler yang akan dipilih agar tidak muncul penyesalan di belakang.

2. Simak Seluruh Syarat dan Ketentuan Paket Internet

Setiap paket data internet yang ditawarkan provider seluler pasti memiliki syarat dan ketentuan terhadap layanan dan fitur apa saja yang bisa didapatkan penggunanya. Beberapa yang paling umum tercantum adalah jenis jaringan internet, masa berlaku kuota internet khusus, dan lain sebagainya.

Dengan melihat informasi ini, Anda dapat memastikan bahwa paket data internet yang akan dipilih benar-benar sesuai dengan penggunaan ketika ngojol atau tidak. Contohnya, menggunakan paket internet Smartfren tentunya akan berbeda XL, Telkomsel, dan provider lainnya.

3. Beda MBps dengan Mbps

Masih banyak yang belum memahami, MBps adalah singkatan dari Mega Byte per second, sedangkan untuk Mbps adalah singkatan dari Mega bit per second. Perbedaan MBps dan Mbps ini ternyata memiliki pengaruh penting pada kecepatan internet dan kenyamanan layanan.

Sebagai perbandingan, internet berkecepatan 1 MBps setara dengan 8 Mbps. Jadi, agar tidak heran saat koneksi internet tidak secepat perkiraan, perhatikan dulu apakah satuan yang diberikan oleh operator seluler tersebut dalam satuan bit atau Byte.

4. Perangkat yang Terhubung

Tips selanjutnya dalam memilih paket internet bagi ojol adalah memperhatikan perangkat apa saja yang terhubung. Jika digunakan untuk satu perangkat saat ngojol saja, tentu kebutuhan kuota internetnya tidak akan terlalu banyak.

Sebaliknya, jika digunakan untuk beberapa perangkat, apalagi laptop, ada baiknya mempertimbangkan untuk memilih kuota internet dengan kuota yang besar agar tidak cepat kehabisan.

5. Jaringan yang Didukung Perangkat

Jaringan internet memiliki berbagai jenis, seperti WCDMA, 3G, 4G, dan LTE. Untuk smartphone yang mendukung jaringan 4G atau lebih baik, pasti bisa terhubung ke paket data internet dengan jaringan 3G atau WCDMA.

Sebaliknya, jika hanya mendukung jaringan internet 3G, artinya perangkat Anda tidak akan sesuai menggunakan paket internet dengan jaringan 4G ataupun LTE.

6.Waktu Pemakaian Internet 

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kuota tengah malam yang biasanya memiliki jumlah melimpah. Sesuai namanya, kuota internet ini hanya bisa digunakan di waktu tertentu saja. Jadi, jika waktu Anda bekerja sebagai ojol adalah siang hari, pastikan untuk memilih paket internet dengan layanan kuota yang bisa digunakan kapan saja.

7. Jumlah Kuota yang Terpakai Setiap Bulan

Dengan memantau pemakaian kuota internet setiap bulan, Anda akan lebih mudah dalam menentukan paket data internet mana yang terbaik untuk dipilih. Namun, tetap pahami jika penggunaan kuota internet ini bisa dikurangi dengan aktivitas internet yang tepat. Jadi, jika ingin menekan pengeluaran, batasi dulu pemakaian kuota internet bulanan Anda agar bisa membeli paket data dengan harga yang lebih ramah bagi dompet.

8. Aplikasi yang Paling Banyak Menyedot Kuota

Selayaknya dengan tips sebelumnya, Anda juga bisa memantau aplikasi yang paling banyak menguras kuota internet di smartphone. Jika mayoritas banyak dihabiskan oleh aplikasi media sosial, tidak ada salahnya untuk memilih paket data internet yang menawarkan bonus kuota atau kuota tanpa batas pada akses media sosial tersebut. Dengan begitu, kuota utama bisa Anda fokuskan untuk digunakan ketika bekerja saja.

Contoh aplikasi ini misalnya Youtube, Spotify, Tiktok, atau aplikasi streaming lainnya.

Lancar Ngojol dengan Tepat Memilih Paket Data Internet

Turun ke jalan, mayoritas driver ojol pasti bergantung pada jaringan internet dari paket data agar bisa mencari pelanggan dan mendapatkan orderan. Karenanya, penting bagi para driver ini untuk bisa memilih layanan yang paling sesuai dengan pemakaian internetnya.

Nah, dengan mengikuti tips di atas, mendapatkan paket data internet terbaik akan lebih mudah dilakukan. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI