Signal Kedepankan Keamanan Data Pengguna, WhatsApp Ditinggalkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kontroversi kebijakan privasi WhatsApp menjadi celah bagi aplikasi lain untuk bisa mengambil posisi WhatsApp yang tengah hits. Diantaranya Signal dan Telegram yang tengah tumbuh sebagai aplikasi alternatif.

Bahkan Signal mengklaim memiliki sejumlah fitur jauh lebih aman ketimbang WhatsApp. Signal sendiri merupakan aplikasi perpesanan mirip WhatsApp dan telah dapat diunduh di iOS maupun Android serta tersedia juga versi desktop. Benarkah Signal lebih aman?

Aplikasi ini menurut Forbes tidak menyimpan data pengguna sama sekali, berbeda dengan WhatsApp maupun Facebook Messenger. Semua pesan dan panggilan yang dilakukan via aplikasi ini juga telah dienkripsi secara end-to-end. Bahkan, nomor registrasi, profil hingga foto profil juga dienkripsi.

Selain itu, Mirip dengan WhatsApp, semua pesan yang dikirim di Signal sudah dienkripsi secara end-to-end. Ini berarti semua pesan dan panggilan yang dipertukarkan dengan teman-teman kamu hanya akan terlihat oleh kamu dan teman kamu, tidak bagi orang lain.

Melansir laman BGR pada Senin, 11 Januari 2021, perangkat tertaut alias linked device di aplikasi Signal menjadi salah satu fitur top dari aplikasi perpesanan ini. Hal ini lantaran dengan Signal, pengguna bisa terhubung dengan banyak perangkat.

BERITA REKOMENDASI