Simak 11 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Software HRD dan Payroll

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Human Resource Department (HRD) adalah salah satu jabatan yang paling penting dalam perusahaan, karena mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan sumber daya manusia mulai dari penggajian karyawan, menghitung absensi karyawan, mencari kandidat karyawan potensial untuk dapat bekerja di perusahaan, mengamati kinerja karyawan dan menjadi penengah antara karyawan dengan pimpinan perusahaan. Tentu saja semua tersebut tidak dapat dikerjakan dengan cepat tanpa adanya bantuan sistem software, seperti software HRD dan payroll.

Sistem di dalam software hrd dan payroll memungkinkan tim HR bekerja dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, aneka data dan informasi akan tersimpan sekaligus tertata dengan rapi dan aman.

Berikut 11 alasan mengapa perusahaan membutuhkan Software HRD dan Payroll :

  1. Meminimalkan Kesalahan

Teknologi HR ini memungkinkan proses kerja HR akan berjalan otomatis. Tim HR tinggal menjalankan perintah untuk mengeksekusi satu pekerjaan. Nanti sistem di dalam aplikasi HRD yang akan bekerja.

2. Menghemat Waktu

Menggunakan software ini akan menghemat waktu kerja. Sistem teknologi HR yang sudah dibekali dengan teknologi tinggi memungkinkan proses kerja HR akan berjalan cepat. Dibanding dengan pengerjaan manual, waktu yang dibutuhkan lebih singkat.

3. Mudah Diakses

Saat ini aplikasi HRD banyak yang berbasis online. Bahkan, aplikasi hrd terbaik sudah memungkinkan aneka data dan informasi bisa diakses oleh perangkat mobile seperti ponsel.

4. Pengembangan Karyawan Lebih Cepat

Jika karyawan ditangani dengan baik, kualitas dan kapabilitasnya akan berkembang lebih cepat. Pemanfaatan aplikasi HRD terbaik akan memastikan hal tersebut berjalan. Di sana data-data karyawan mulai dari kemampuan, performa kerja, pelatihan yang dijalani, hingga ulasan kinerja akan tercatat. Hal itu akan memudahkan perencanaan pengembangan karyawan.

Bukan hanya itu, data terkait promosi serta karier karyawan akan tertata dengan baik. Software hrd dan payroll akan mengontrolnya sehingga asas keadilan bagi karyawan untuk berkembang lebih terjamin.

5. Lebih Aman

Aplikasi HRD terbaik biasanya sudah menggunakan teknologi komputasi awan. Keamanan data-data yang tersimpan di sana jauh lebih baik dibanding penyimpanan dalam bentuk fisik.

6. Mempermudah Pemantauan Karyawan

Aktivitas karyawan dapat dipantau dengan pemakaian software hrd dan payroll. Perusahaan bisa tahu dengan cepat karyawan yang cuti, sakit, atau izin khusus. Semua itu mempermudah pengelolaan tenaga kerja.

7. Memastikan Kepatuhan

Software hrd dan payroll bisa diatur menyesuaikan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini akan menjamin kepatuhan perusahaan terhadap perundangan yang berlaku.

8. Mendorong Paperless Office

Aplikasi HRD terbaik akan mendorong paperless office. Semua proses pengarsipan akan dijalankan dengan perangkat lunak. Data-data akan tersimpan rapi dan aman tanpa perlu menyimpan dokumen fisik. Secara tidak langsung, perusahaan jadi mendukung pelestarian lingkungan.

9. Proses administrasi menjadi lebih efisien karena adanya otomatisasi

Berbagai proses administrasi akan lebih mudah dilakukan karena adanya otomatisasi dalam software HR, seperti proses administrasi data karyawan, tunjangan untuk karyawan, asuransi, dan hal lain yang berkaitan dengan administrasi akan menjadi lebih efisien dengan menggunakan software.

10. Mengurangi kesalahan dalam proses penggajian

Seperti manusia biasa, HRD juga dapat melakukan kesalahan, apalagi jika harus melakukan perhitungan gaji karyawan secara manual yang jumlahnya ratusan, tentu tidak akan mudah untuk melakukannya. Kesalahan kecil yang dilakukan HRD saat menghitung gaji karyawan akan berdampak fatal bagi perusahaan.

11. Dapat membuat HRD lebih fokus pada tujuannya

Dengan adanya software HR, berbagai data yang tersimpan di dalam sistem akan mudah untuk dianalisa. HRD pun dapat lebih fokus pada tujuan utamanya, yaitu melihat perkembangan sumber daya manusia didalam perusahaan, melakukan perbaikan, dan mengurangi ketidakefektifan kerja karyawan. Semua itu dapat dengan mudah dilakukan jika telah menggunakan software.

Agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal, perusahaan harus jeli dalam memilih yang software HR terbaik. Adapun kriteria yang harus diperhatikan adalah kelengkapan fitur yang ada dalam sebuah software hrd dan payroll. Talenta by mekari bisa menjadi salah satu alternatif karena di dalamnya sudah terdapat berbagai fitur yang dibutuhkan untuk pengelolaan karyawan. (*)

BERITA REKOMENDASI