Simak, Manfaat Aplikasi Keuangan Bagi Perusahaan

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Aplikasi keuangan merupakan sebuah sistem yang bisa digunakan untuk mengatur, mencatat, dan mengelola keuangan dalam segala segmen dan bisa digunakan setiap pemilik bisnis untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk pribadi, instalasi, untuk perusahaan, atau bahkan bisnis sendiri.

Aplikasi keuangan dapat memberikan kemudahan dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran, serta menyajikan data yang akan jadi sangat mendetail sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat laporan keuangan secara manual. Sehingga aplikasi ini wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi keuangan banyak manfaat yang akan didapatkan, diantaranya adalah:

  1. Menghemat Waktu Anda

Sebuah perusahaan akan lebih cepat dalam meng-update laporan keuangan. Mengapa demikian? Karena apabila laporan keuangan dikerjakan dengan cara manual, maka akan sangat membutuhkan waktu lama untuk perhitungan dan mencocokkannya. Sedangkan jika menggunakan aplikasi keuangan, semua sudah tersistem sehingga Anda hanya tinggal menginput data didalamnya dan hasilnya akan cepat muncul sehingga lebih menghemat waktu Anda.

  1. Terhindar Kesalahan Perhitungan

Penyusunan laporan secara manual tentu punya risiko tinggi dalam perhitungannya, apalagi ketika terdapat banyak orang yang terlibat dalam mengerjakan. Dengan menggunakan aplikasi keuangan maka perusahaan dapat membuat laporan secara cepat dan akurat sehingga terhindar dari kesalahan, sehingga risiko terjadinya kesalahan perhitungan dapat diminimalisir.

  1. Menjaga Aset Perusahaan

Semua kekayaan bisnis dicatat dalam sebuah aplikasi keuangan sehingga pemilik aset bisa mengetahui informasi uptodate dari aset yang dimiliki. Melalui informasi itulah pemilik aset dapat berpikir mengenai alokasi aset yang dimiliki dan dapat mengatur rencana jangka panjang dari aset tersebut.

  1. Memudahkan Manajemen Keuangan

Aplikasi keuangan perusahaan juga bisa memberi kemudahan dalam memanajemen keuangan, bukan hanya secara spesifik namun juga secara menyeluruh. Melalui manajemen keuangan itulah pada akhirnya Anda dapat mengetahui berapa keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dan juga menentukan berapa pengeluaran rinci perusahaan.

  1. Mempercepat Pekerjaan

Sebelum adanya aplikasi keuangan baik untuk PC maupun smartphone, proses pembuatan laporan keuangan dibuat secara manual dan bertahap, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan adanya aplikasi keuangan proses pembuatan laporan keuangan hanya dilakukan dalam satu kali proses saja, sehingga waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat.

  1. Lebih Akurat

Akurasi penghitungan keuangan sangat diperlukan, agar supaya dalam membuat laporan tidak terjadi kesalahan. Dengan adanya aplikasi keuangan, pembuatan laporan keuangan dapat dikerjakan secara akurat dan tentunya lebih cepat.

  1. Transparan

Fungsi aplikasi keuangan yang tidak kalah pentingnya adalah Transparansi, dengan adanya aplikasi keuangan laporan keuangan dapat ditampilkan lebih detail sehingga meminimalisir adanya kecurangan.

  1. Aman

Apabila sobat komputer menggunakan aplikasi keuangan untuk membuat laporan keuangan di perusahaan atau instansi sobat, maka keamanan data akan lebih terjaga. Hal ini dikarenakan aplikasi keuangan dirancang untuk melindungi data yang sobat simpan di komputer.

  1. Flexible

Selain itu aplikasi keuangan juga dirancang untuk digunakan secara flexible, jadi sobat dapat mengerjakan laporan keuangan kapan saja dan dimana saja. Terlebih apabila aplikasi tersebut berbasis website, sobat tentunya akan lebih dipermudah dalam menggunakannya, meskipun dilakukan dengan tim khusus.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi keuangan. Anda juga harus pintar dalam memilih aplikasi yang cocok untuk usaha Anda. Anda juga bisa memilih Jurnal by Mekari karena fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan.

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin. (*)

BERITA REKOMENDASI