Sistem Informasi Rumah Sakit untuk Kemudahan Pelayanan Medis

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Sistem informasi rumah sakit dibuat berdasar peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib menyajikan laporan seluruh kegiatan yang ada dalam sebuah instalasi rumah sakit.

Dengan informasi yang dibuat tiap rumah sakit, pemerintah berharap keterbukaan rumah sakit tentang pelayanan dan ketenagakerjaan yang terlibat di dalamnya. Jelajahi lebih lanjut tentang informasi SIRS di bawah ini!

A. Pengertian SIRS

Sistem informasi rumah sakit adalah sebuah sajian data yang memuat seluruh informasi rumah sakit yang tergabung dalam suatu himpunan, baik itu dalam satu negara atau bersifat universal.

Dalam arti lain, sistem informasi rumah sakit juga dimaknai sebagai aplikasi atau situs yang menyediakan segala data yang bersangkut paut dengan rumah sakit itu sendiri. Misalnya, data rumah sakit, tenaga medis, pelayanan, serta tabel data penyakit pasien rawat jalan.

B. Fungsi SIRS

Berdasar penjelasan di atas, fungsi dari adanya data ini ialah memberitahukan kepada masyarakat bahwa layanan dari tiap-tiap rumah sakit memiliki nilai tersendiri. Dengan adanya sajian data ini, diharapkan keefektifan kerja suatu layanan dapat tercapai sehingga rumah sakit mempunyai titel baik karena mengedepankan kebutuhan masyarakat.

C. Pengolahan Data Sistem Informasi Rumah Sakit

Pengolahan data sistem informasi di sebuah rumah sakit terbagi menjadi beberapa bagian: sistem informasi klinik, sistem informasi manajemen, dan sistem informasi administrasi.

Sistem informasi klinik, yaitu sistem yang melayani pasien secara langsung, menangani setiap keluhan pasien, mencatat laporan, kemudian nantinya memberikan diagnosa lanjutan.

Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem yang dapat membantu memutuskan penanganan lanjutan kepada pasien. Sistem informasi administrasi ialah sistem yang membantu rumah sakit Sistempelayanan administratif.

D. Manfaat SIRS

Jika sistem ini dikelola dengan sebaik mungkin, rumah sakit bisa mendapat beberapa manfaat seperti berikut: kualitas pelayanan medis dapat dikendalikan, evaluasi program serta perencanaan instalasi ke depannya, layanan rumah sakit lebih sederhana dapat dijangkau dengan mudah, efektivitas kerja pelayanan dapat ditingkatkan, dan masih banyak lagi.

E. Mengembangkan Sistem Informasi Pelayanan Medis

Bersumber dari wiki, pengembangan SIRS mesti menopang pada dua hal, yakni kebijakan dan juga kriteria, serta sasaran pengembangan sistem informasi.

Beberapa kriteria kebijakan yang lazim digunakan untuk mengembangkan sistem adalah: (1) sistem harus memberikan informasi yang relevan serta transparan dan juga on-time, (2) keterkaitan seluruh informasi dan rumah sakit harus dibungkus dalam sistem yang terpadu, (3) keputusan SIRS harus bisa menunjang operasional sistem, (4) daya guna atau manfaat sistem lebih berkembang,

Berikutnya adalah (5) senantiasa menyesuaikan dengan informasi terkini, (6) arahkan pengembangan pada sub sistem yang punya pengaruh terhadap SIRS, (7) pengembangan SIRS mutlak harus sebisa mungkin menutupi kerugian yang terjadi secepatnya, (8) tahapan pengembangan berdasar sub sistem berjalan teratur, (9) SIRS harus mudah dikelola oleh setiap petugas yang mengelola sistem.

F. Sistem Informasi Rumah Sakit

Sistem informasi rumah sakit dari icloudhospital menyediakan data terkait instalasi rumah sakit dari seluruh dunia yang tergabung di dalamnya, selain itu data para medis yang menjadi bagian dari juga diperlihatkan. Sistem ini memungkinkan Anda meninjau seberapa tingkat kualitas pelayanan yang akan diterima Anda jika memakai layanan icloudhospital.

G. Cara Kerja Sistem Informasi

Cara kerja layanan sistem informasi dari icloudhospital, yang pertama cari layanan yang Anda butuhkan, baik mengenai perawat atau dokter, lokasi yang Anda inginkan, harga dan lain sebagainya. Kemudian bergabung, pesan layanan yang Anda butuhkan, lakukan pembayaran, dan terima layanan sesuai jadwal yang diberikan.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai sistem informasi rumah sakit. Jika Anda tertarik menggunakan layanan dari icloudhospital, Anda dapat mengunjungi langsung sistem informasi rumah sakit yang berbasis website di icloudhospital.com.

BERITA REKOMENDASI