Sistem Navigasi Udara Buatan Lokal Siap Dikembangkan Kemenhub-BPPT

JAKARTA (KRjogja.com) – Kementerian Perhubungan bekerja sama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengembangkan sistem teknologi nasional di sektor transportasi. Kedua instansi mengembangkan sistem navigasi berbasis satelit di bandara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir telah meninjau langsung peralatan sistem Automatic Dependent Surveillance – Broadcast (ADS-B) yang telah diuji coba di Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC).

Menhub Budi mengapresiasi BPPT yang telah berhasil mengembangkan alat penginderaan udara. Selama ini alat tersebut masih diimpor dari luar negeri.

“Ini (ADS-B) adalah hasil karya anak bangsa, kita bangga dan mengapresiasi BPPT yang sudah bisa mengembangkan alat ADS-B yaitu alat penginderaan udara yg selama ini masih impor," ungkap Menhub dalam keterangannya, Kamis (8/12/2016).

Saat ini teknologi ADS-B telah diuji coba di 2 bandara yaitu Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Ahmad Yani Semarang, di mana hasil pengujiannya dinyatakan baik oleh Kemenhub. Oleh karena itu, lanjut Budi, dalam waktu dekat Kemenhub akan segera mengeluarkan sertifikasi.

“Sebagai regulator Kemenhub melihat akurasi kualitas dari alat ini setara dengan apa yang sudah dipakai yang merupakan barang impor, saat ini sedang disertifikasi dan akan dikeluarkan dalam beberapa minggu ini," jelas Menhub. (*)

BERITA REKOMENDASI