Situsnya Sempat Down, Begini Penjelasan Kemkominfo

SEPERTI diberitakan sebelumnya, situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), tidak bisa diakses sejak Selasa (12/2/2019) pagi. Setelah pukul 10.53 WIB, situs Kemkominfo sudah pulih dan dapat diakses kembali.

Kemkominfo pun akhirnya angkat bicara terkait hal tersebut. Dibenarkan Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, situs www.kominfo.go.id sudah dapat diakses oleh publik pada Selasa (12/2/2019) pukul 10.30.

"Sebelumnya, pada hari Senin (11/02/2019) pukul 14.30 WIB terjadi kegagalan fungsi sistem virtualisasi server Data Center Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penyebabnya adalah salah satu host mengalami crash," kata pria yang karib disapa Nando ini.

Adapun layanan situs yang sempat terdampak antara lain situs kominfo.go.id, e-PPID, infopublik.id, dan balitbangsdm.kominfo.go.id.

Sebetulnya, situs Kemkominfo, sempat pulih pada pukul 15.30 WIB sampai Selasa (12/02/2019) pukul 05.00 WIB, kemudian terjadi lagi crash yang menyebabkan situs belum bisa diakses lagi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas gangguan beberapa jam tersebut," tandasnya.

Sekadar diketahui, situs Kemkominfo menyediakan beragam informasi terkini aktivitas Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang terdiri dari beragam fitur seperti berita, beragam layanan pemerintah, non pemerintah, perizinan, sertifikasi, aduan konten, informasi publik serta regulasi.(*)

BERITA REKOMENDASI