Snowden Sebut Allo Tak Aman

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Google telah resmi merilis aplikasi pesan instannya, Allo di platform Android dan iOS. Setelah Google resmi merilisnya untuk semua pengguna, Snowden mengingatkan betapa tidak amannya Allo. Bahkan, ia menyarankan pengguna untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Di aplikasi ini, menurut Snowden, Google turut membenamkan fitur enkripsi end-to-end dari Open Whisper Systems yang mampu mencegah percakapan disadap oleh siapa pun, termasuk agen pemerintah.

Tapi enkripsi tersebut tidak diaktifkan secara default layaknya pada instant messenger lain seperti WhatsApp. Untuk menyalakannya, pengguna harus lebih dahulu masuk ke mode ‘incognito’. Mode Incognito sendiri bisa diakses lewat menu pesan atau message yang ada di pojok kanan bawah.

Hal ini menurut Snowden merupakan kelemahan besar dari Allo dalam hal privasi pengguna. “Google membuat keputusan berbahaya dengan mematikan enkripsi end-to-end secara default dalam Allo. Aplikasi chatting ini tidak aman, hindarilah untuk sementara waktu,” tulis Snowden dalam sebuah tweet. (*)

BERITA REKOMENDASI