Solusi Pintar Perusahaan Hadapi Revolusi Industri 4.0

JAKARTA, KRJOGJA.com – Era saat ini, tiap perusahaan sangat penting melakukan perubahan. Inovasi merupakan hal mutlak dan keharusan untuk bertahan karena berada pada jaman revolusi industri yang secara fundamental akan selalu terus berubah mengikuti pola hidup manusia.

"Tidak ada yang tahu apa yang terjadi ke depan. Namun demikian harus segera merespon secara cepat agar dapat membangun perusahaan yang ​Integrated dan ​Smart Industry," tutur Direktur Astra Graphia Information Technology (AGIT) widi Triwibowo sela AGIT Solution Day 2019 belum lama ini.

Menurut Widi, melalui '​Connecting The Dots – Integrated and Smart Industry' pihaknya mengajak mitra bisnis AGIT menggali wawasan lebih luas tentang teknologi digital terkini untuk diakselerasikan dengan transformasi bisnis mereka menghadapi Revolusi Industri 4.0. Enam tema yang menjadi pembicaraan terdiri dari ​Customer Experience, Sharing Economy, Human Like Enterprise, Mass Personalization, Exponential Economics dan Customer Journey​. Kesemuanya dielaborasi dengan harapan dapat memberikan solusi sehingga tiap perusahaan tetap relevan dan bahkan memimpin di era Revolusi Industri 4.0.

"Selain itu diperlukan tiga solusi pintar dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 di dalam teknologi informasi, yaitu ​Smart Foundation, Smart Process dan Smart Connectivity​," jelasnya.

Widi juga menjelaskan penerapan teknologi informasi secara digital pada perusahaan bukan hanya sekedar keinginan yang kuat saja. Namun juga memerlukan ​blueprint, dokumentasi yang jelas tentang visi dan misi strategis perusahaan serta pendekatan secara bertahap agar pemilik perusahaan dapat menggunakan dan menjalankan teknologi informasi sesuai harapan yang telah ditetapkan. (Feb)

BERITA REKOMENDASI