Spesifikasi dan Kekurangan dari Samsung A51

Editor: Ary B Prass

 

JAKARTA, KRJOGJA.comSamsung A51 merupakan versi lanjutan dari A50s. Perkembangan yang disertakan pada produk tersebut cukup menonjol, sehingga performanya terasa meningkat untuk pemakainya. Berikut spesifikasi beserta kekurangannya.
Desain Terbaru
Desain pada produk keluaran tahun 2020 ini dapat terbilang update. Body belakang terbuat dari polykarbonat.
Bagi sebagian orang, catatan ini mungkin tidak penting karena bagian belakang HP pasti dilindungi oleh soft case. Desain keseluruhannya tampak seperti Samsung Note 10, tetapi untuk desain belakang, sekilas mirip dengan Samsung A50s.
Awesome Screen
Salah satu kelebihan utamanya adalah layar Infinity-O. Pada bagian tengah atas, tampak kamera depan untuk selfie. Luas layarnya adalah 6,5 inchi yang revolusinya sendiri sudah HD plus.
Dengan sektor layar yang dilengkapi oleh super amoled, pemindai sidik jari telah disematkan untuk produk HP yang satu ini. Proteksi layar menggunakan Gorilla Glass 3, sehingga kelebihan ini disebut sebagai awesome screen.
Dibekali Fitur Game Booster
Samsung A51 juga berbekal chipset Exynos 9611. Chipset tersebut sama persis dengan chipset pada Samsung A50s. Untuk mendukung chipset tersebut, pihak Samsung juga membekalinya dengan ram 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB.
Produk ini juga dilengkapi dengan fitur game booster yang dapat mengoptimalkan baterai pada saat bermain game. Main PUBG juga bisa di setting smooth extreme screen. Memang tidak bisa menjangkau batas maksimalnya, tetapi fitur tersebut cukup membuat pemakai HP yang bermain game nyaman.
HP ini juga dijadikan resmi pada kompetisi piala presiden. Daya tahan baterainya cukup awet dan bisa dipakai seharian. Untuk mencapai 100%, pemakainya membutuhkan waktu dua jam ketika mengisi daya. Ada pula fitur focus smooth untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak penting.
Kamera dengan Model Terkini
Daya tarik utama jualnya ada pada empat buah kamera yang tersemat. Kelebihan tersebut memang sudah menjadi trend ponsel saat ini. Empat kamera yang dibekali pada produk Samsung kali ini tidak tersusun secara vertikal, melaikan berbentuk L dengan penempatan kamera yang menonjol.
48 megapixel untuk main kamera atau lensa utama, 12 megapixel lensa ultrawide, 5 megapixel lensa makro, dan 2 megapixel depth sensor.
Front camera atau kamera selfienya memiliki resolusi 32 megapixel yang diletakkan pada cut out. Dengan resolusi kamera tersebut, tangkapan gambar yang dihasilkan begitu jelas.
Fitur Terbaru yang Tersemat
Produk ini juga dilengkapi dengan fitur NFC dan Samsung Pay. Meski belum terlalu populer di Indonesia, fitur NFC ikut disematkan untuk meningkatkan aktivitas perangkat. Samsung juga mempunyai dompet digitalnya sendiri, yakni Samsung Pay, sebuah fitur yang khas dan hanya didapatkan oleh pengguna pada merk HP Korea Selatan ini.
Kekurangan 
Belakangan ini, Samsung banyak mengeluarkan produk yang performa HP-nya mampu mengalahkan Samsung A51. Sayangnya, produk A51 hanya dibekali kapasitas baterai 4000 mAh dengan pengisian daya cepat, hanya  15 watt.
Meski sedikit berbeda, performa dari produk ini masih terasa sama dengan pendahulunya, Samsung A50 dan Samsung A50s. Jika pengguna tidak terlalu memperhatikan desain dan performa smartphone, produk terdahulu relatif lebih murah. Namun, nyatanya produk Samsung juga tidak mengecewakan. Desain dan performa masih boleh terbilang apik, apalagi dengan harga terjangkau.
Itulah spesifikasi dan kekurangan dari Samsung A51. Dengan berbagai performa dari setiap bagiannya, pemakai boleh memiliki pendapat masing-masing. Namun, harganya yang lebih terjangkau membuat produk ini memuaskan banyak pihak. Meski levelnya sudah terbilang kesusul dengan produk lain, HP ini tetap memiliki kelebihannya sendiri. (*)

 

BERITA REKOMENDASI