Start Up Bertahan di Tengah Pandemi, Begini Caranya

TANGERANG, KRJOGJA.com – Perkembangan dunia startup yang ditopang kemajuan teknologi digital kini terkendala akibat munculnya pandemi Covid-19. Dari data yang dihimpun, sebagian besar pelaku usaha startup tak mampu mempertahankan bisnisnya hingga terpaksa gulung tikar.

Mereka yang masih bertahan adalah pelaku usaha startup yang berani melakukan penyesuaian dari awal perencanaan bisnisnya. Tak mudah memang, namun upaya tersebut setidaknya bisa membuka peluang baru manakala aktivitas masyarakat serba terbatas di masa pandemi.

Seperti dipaparkan Chief Executive Officer Localin, Muhamad Bima Januri, yang menceritakan pengalamannya sempat terkatung-katung merintis usaha startup bersama 4 rekannya. Kata dia, situasi pandemi membuatnya harus bisa menyesuaikan tren perilaku hidup baru ke depan.

“Tantangan terbesar sih harus mengubah beberapa plan bisnis, disesuaikan dengan kondisi sekarang. Lalu mulai memikirkan apa saja trend yang akan muncul ke depannya dengan perilaku hidup yang baru,” katanya di Tangerang, Kamis (17/9/2020).

BERITA REKOMENDASI