Tahun Depan Instagram Lebih Aman Digunakan Pengguna Usia Muda

JAKARTA, KRJOGJA.com – Instagram mengatakan, mulai tahun depan, beberapa pengguna akan mulai melihat pengalaman aplikasi yang disesuaikan dengan usia pengguna. Sebuah langkah yang sebagian besar dimaksudkan untuk membantu melindungi pengguna usia muda Instagram.

Dilansir dari laman Slashgear, Kamis (5/12/2019), mulai hari ini, pengguna harus memberikan tanggal lahir mereka ketika mereka membuat akun baru di Instagram. Tujuannya ialah untuk menegakkan kebijakan usia Instagram dengan lebih baik, yang mengharuskan pengguna berusia setidaknya 13 tahun untuk memiliki akun (di sebagian besar negara).

Ini adalah bagian dari pengumuman tentang perubahan pada layanan, termasuk persyaratan baru bagi pengguna untuk memberikan umur mereka saat membuat akun. Instagram mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menampilkan informasi usia pengguna ke publik, melainkan perusahaan akan menggunakan tanggal lahir yang tercantum di akun Facebook tertaut.

Pembaruan ini tidak mencegah pengguna yang berusia di bawah 13 tahun untuk mendaftar, tanggal lahir secara sukarela diberikan dan dapat dengan mudah dipalsukan. Meski demikian, mendapatkan usia pengguna akan membantu perusahaan mencapai sisa pengumumannya, yaitu bahwa Instagram akan meluncurkan pengalaman yang disesuaikan dengan usia pengguna selama beberapa bulan mendatang.

Pengguna dapat mengharapkan pengalaman 'sesuai usia dan lebih aman’. Pengguna usia muda akan melihat pengaturan privasi ideal yang direkomendasikan untuk kelompok usia pengguna, serta materi pendidikan tertentu mengenai kontrol akun.

Instagram mengatakan, kontrol akun tersebut dapat membantu pengguna mengontrol dengan lebih baik siapa yang dapat mengirimi mereka pesan langsung di Instagram. Pengguna dapat mengaktifkan opsi baru untuk membatasi DM yang berasal dari followers pengguna, artinya pesan dari orang lain tidak akan muncul di kotak masuk pengguna.

BERITA REKOMENDASI