Tak Hasilkan Uang, YouTube Bakal Hapus Kanal?

YOUTUBE belum lama ini mengubah kebijakan layanannya. Dalam pembaruan syarat dan ketentuan, para pembuat konten dibuat bingung dengan sebuah hal yang spesifik.

Bagian "Account Suspension & Termination" kini memuat sebuah pernyataan ambigu dan kontroversial.

"YouTube dapat menghentikan akses pengguna, atau akses akun Google pengguna, di seluruh atau sebagian layanan, jika YouTube melihat, atas kebijakannya sendiri, penyediaan layanan kepada pengguna tidak layak secara komersial," tulis salah satu kebijakan layanan YouTube tersebut.

Dengan pernyataan ini, boleh jadi YouTube bisa saja menghapus akun atau kanal YouTube milik seseorang, jika tak dianggap menguntungkan secara komersial bagi platform mereka.

Selain itu, sulit menebak faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh YouTube untuk memutuskan apakah suatu akun atau kanal dianggap "layak secara komersial".

Sementara itu, dalam komentarnya kepada 9to5Google, seorang juru bicara menyebutkan, segalanya masih sama seperti sebelumnya.

Selanjutnya, pembaruan ketentuan ini semestinya mudah dipahami oleh seluruh pengguna. Tanggapan langsung YouTube seharusnya juga bisa memberikan kepastian.

Namun, kata-kata "menguntungkan secara finansial" dianggap sebagai pernyataan yang penuh dengan kontroversi sekaligus jadi perhatian para pembuat konten.(*)

BERITA REKOMENDASI