Tancap Gas, Uji Coba Program Energi B40 Segera Dilakukan

PERINTAH langsung tancap gas untuk menyiapkan uji coba solar dengan campuran ‎40 persen Fatty Acid Methyl Ester (FAME) atau disebut program B40. Untuk diketahui, pemerintah baru saja menjalankan program B30 pada 1 Januari 2020.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, untuk meningkatkan campuran FAME yang berbahan baku minyak kelapa sawit pada solar menjadi 40 persen atau B40, perlu dilakukan uji coba kembali seperti yang dilakukan saat program mandatori biodiesel yang sebelumnya diterapkan.

"Mengenai B40 tentu saja semua program-program pemakaian jenis-jenis baru dari biodiesel harus dites dulu," kata Arifin, Selasa (14/1/2020).

Uji coba harus dilakukan untuk menjamin kualitas B40 saat diimplementasikan, sehingga mesin kendaraan yang menggunakan‎ solar campuran FAME 40 persen tidak mengalami kendala.

"Kemudian karena kita harus jamin kualitas produk ini enggak berikan dampak negatif pada pemakai‎," ujarnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengungkapkan, ‎uji coba B40 akan dilakukan pada akhir Januari 2020, dengan target selesai pada Agustus 2020.

"Uji teknis B40-50 sedang persiapan dilakukan dengan stakeholder, Pertamina, Aprobi, asosiasi kapal, asosiasi alat berat," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI