Tantangan dan Peluang dalam Membangun Startup dari Nol

CB Insights mencatat, sepanjang 2021, kucuran modal bagi startup pra-Seri A maupun Seri A mencapai angka 772 juta dolar AS, setara dengan kenaikan sebesar 214% secara YoY. Pendanaan di tahap ini menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan Seri B, Seri C, dan seterusnya. Artinya, peluang masih terbuka sangat lebar bagi para founders perusahaan startup yang masih berada di tahap awal (dikenal juga dengan early-stage).

Dalam paparannya, Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, Amazon Web Services (AWS) mengatakan bahwa AWS telah menemani perjalanan sejumlah startup anak bangsa dari early-stage hingga tahap lebih lanjut, termasuk beberapa industri seperti telemedisin (Halodoc), ecommerce (HappyFresh), hingga logistik (Paxel) melalui program AWS Activate. Kini, AWS pun tengah membimbing kedua startup Sribuu dan Twibbonize yang menjadi narasumber pada sesi ini.

“Sribuu merupakan startup yang bergerak di bidang perencanaan keuangan pribadi,” tutur Francisca Susan, CTO dan Co-Founder, Sribuu. Melalui aplikasi Sribuu, pengguna akan mendapatkan rekomendasi tentang bagaimana sebaiknya mengatur pengeluarannya setiap bulan. Sribuu menganalisis transaksi yang dilakukan pengguna di platform ecommerce, dompet digital, dan perbankan menggunakan teknologi machine learning AWS untuk menentukan strategi berhemat yang optimal bagi masing-masing pengguna.

Awalnya, ide usaha ini bermula ketika ia dan teman-temannya masih menduduki bangku kuliah. Literasi keuangan yang masih rendah di kalangan masyarakat, disertai dengan meningkatnya kesadaran dan kebutuhan untuk pengelolaan uang yang lebih baik di masa pandemi, membuat Susan dan rekan-rekannya semakin yakin untuk menggarap ide tersebut.

“Sepuluh tahun lalu saja, tidak mungkin perusahaan startup seukuran kami dapat mengakses teknologi termutakhir seperti cloud dan machine learning karena terkendala biaya. Namun sekarang, teknologi dapat dimanfaatkan oleh semua orang untuk merealisasikan dan menskalakan ide bisnisnya,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI