Teknologi Hambat Anak Belajar Online, Begini Solusinya!

Meski sudah berjalan sekitar 4 bulan, rupanya masih banyak orangtua yang kesulitan mendampingi anak belajar online. Umumnya mereka mengatakan belum melek teknologi. Orangtua memang dilahirkan pada saat teknologi belum secanggih saat ini. Namun, setiap permasalahan pasti ada jalan penyelesaiannya.

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Peminatan Perkembangan Anak dan Remaja Irma Dianita S.Psi, M.Psi mengatakan, setiap manusia pasti memiliki rasa ingin tahu, termasuk para orangtua. Untuk itu, Irma mengatakan, manfaatkan rasa keingintahuan tersebut untuk terus belajar. “Ini tantangan banget buat mereka yang belum melek teknologi, tapi setiap manusia pasti memiliki rasa ingin tahu, nah ini sangat penting, belajar bukan hanya sesuatu yang monoton seperti membaca, tetapi memahami teknologi pun juga bagian dari belajar,” ujar Irma dalam webinar The Rise of Digital Parenting pada Kamis (6/8/2020).

Irma melanjutkan, orangtua saat ini hidup di zaman teknologi. Karenanya, jika anak paham teknologi, orangtua pun tidak boleh tertinggal karena mereka hidup di zaman yang sama. “Zaman akan maju terus, kita enggak bisa hidup di zaman kita dulu, tapi kita hidup di zamannya anak yang semakin dekat dengan teknologi,” tutur Irma.

BERITA REKOMENDASI