Terekam 8 Sinyal Misterius dari Luar Angkasa, Siapa Mereka?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Peneliti menyebutnya sebagai fast radio bursts atau FRB, sinyal aneh dan singkat dari luar angkasa yang masih menjadi misteri. Melalui teleskop radio terbesar di Kanada, astrofisikawan menemukan lebih banyak sinyal misterius untuk dipelajari, mencari tahu apa yang membuat sinyal ini bisa berdetak.

Dilansir Cbc.ca, FRB pertama ditemukan pada 2007 oleh seorang astrofisikawan dan muridnya melalui data tahun 2001 yang dikumpulkan dari Parkes Observatory di New South Wales, Australia.

Sejak itu, lusinan sinyal lainnya telah terdeteksi. Apa yang menyebabkan munculnya sinyal-sinyal ini, para ilmuwan masih belum mengetahui.

Kabarnya, sinyal-sinyal singkat yang melintasi alam semesta, hanya bertahan sekitar satu milidetik. Beberapa dari sinyal tersebut bahkan mengalami pengulangan.

Dalam sebuah studi baru, diajukan ke Astrophysical Journal Letters dan pra-cetak di arXiv.org, sekelompok ilmuwan Kanada mengungkapkan bahwa teleskop Canadian Hydrogen Intensity Mapping Experiment (CHIME) mendeteksi delapan FRB yang berulang.

Temuan ini merupakan langkah penting dalam pemahaman yang lebih baik tentang apa yang membuat sinyal kuat ini dan dari mana tepatnya mereka berasal.

Instrumen CHIME tidak bisa sensitif dan akurat dalam pendeteksiannya, yang berarti tidak bisa melokalisasi sinyal. Tugas instrumen CHIME adalah menemukan sebanyak mungkin. Sedangkan, menentukan lokasi tepatnya tergantung pada teleskop lain.

Dari 10 FRB berulang, hanya dua yang telah dilacak kembali ke titik asal mereka: satu di galaksi kerdil dan yang lain, di galaksi spiral.

 

 

BERITA REKOMENDASI