Tetap Diminati, Penjualan Mobkas Bakal Melesat

YOGYA, KRJOGJA.com – Momen Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya selalu menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang mobil bekas (mobkas) di pelbagai daerah di Indonesia. Selama bulan Ramadan, trend pembelian mobkas selalu meningkat. Terkadang para pedagang mobkas pun kehabisan stock mobkas, khususnya tipe Multi Purposes Vehicles (MPV) bekas andalan, Toyota Avanza dan sejenisnya.

Melihat fakta menarik itu, divisi penelitian dan pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id melakukan riset ke diler mobkas di berbagai daerah. “Tahun ini lah jelas lebih banyak pembelinya kalau dibandingkan tahun lalu, bulan Maret kemarin ramai sekali kira – kira penjualan saya ada naik lebih dari 100% lah,” ujar Jojon, pemilik showroom mobil bekas Fritz n Co di Yogyakarta.

Kecenderungan di masyarakat untuk membeli mobil bekas untuk mudik, sebelum bulan puasa dimulai menjadi suatu fakta menarik tersendiri di kalangan pedagang mobil bekas. "Pas bulan Januari dan Februari awal tahun ini justru malah sepi, tapi pas masuk bulan tiga dan empat mulai rame tuh, sebulan bisa nyampe 20 unit keluar," tutur Ko Jiang, pemilik showroom mobil bekas Cintya Mobilshop di Semarang. 

Ramainya pembeli mobil bekas di bulan ketiga tahun ini diasumsikan karena para pembeli cenderung menghindari adanya lonjakan harga di bulan puasa hingga menjelang lebaran. Perihal model mobkas favorit, Toyota Avanza rupanya masih menjadi mobil bekas yang paling banyak dicari. Stoknya terkadang terbatas, karena itu banyak pedagang mobkas mencari Avanza hingga keluar daerah, demi menjawab tingginya demand dari konsumen. 

"Kalau saya sih sejauh ini belum pernah sampai kehabisan, tapi kita biasanya kalau lagi perlu barang yang unitnya susah dicari ya pasti ke nyari ke temen sendiri sesama pedagang,” ujar Jacky dari Alfa Auto Tangerang – BSD.(*)

BERITA REKOMENDASI