TikTok Bantah Curi Data Pengguna di India

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – TikTok bantah telah membagikan data pengguna di India kepada China. TikTok mengaku mematuhi keputusan otoritas India

Hal itu menanggapi kebijakan pemerintah India yang melarang TikTok dan puluhan aplikasi China karena masalah privasi. “TikTok terus mematuhi semua persyaratan privasi dan keamanan data menurut hukum India dan belum membagikan informasi pengguna kami di India dengan pemerintah asing mana pun, termasuk pemerintah China,” kata pimpinan TikTok di India, Nikhil Gandhi.

Pemerintah India mengaku telah mendapat dukungan yang kuat dari warganya untuk mengambil tindakan tegas terhadap aplikasi yang merusak kedaulatan serta privasi warga negara India.

“Pemerintah India telah memutuskan untuk melarang penggunaan aplikasi tertentu, yang digunakan pada perangkat yang mendukung Internet untuk seluler dan non-seluler,” tulis Kementerian Teknologi Informasi India.

Sesuai dengan keputusan itu, Google dan Apple diwajibkan menghapus TikTok dan aplikasi lain yang dilarang dari Play Store dan App Store India. Sedangkan untuk warga India, belum ada konsekuensi jika menentang larangan dan tetap menggunakan salah satu aplikasi yang dilarang karena pemerintah belum menyatakan ilegal. (*)

BERITA REKOMENDASI