Tinggalkan Motor Saat Mudik, Perhatikan Hal Ini

JAKARTA, KRJOGJA.com – Saat ini sudah banyak alat transportasi yang bisa dimanfaatkan oleh calon pemudik untuk menuju kampung halaman, mulai bus, pesawat, kereta, hingga kapal laut. Selain itu yang lebih menariknya adalah saat ini banyak perusahaan menyelenggarakan mudik gratis sehingga bisa menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor, sebagai alat transportasi untuk mudik. 

Sebagian pihak beranggapan sebaiknya mudik tidak menggunakan sepeda motor karena risiko kecelakaannya cukup tinggi. Apalagi, ditambah barang bawaan yang banyak. Bagi pemudik yang memutuskan tidak menggunakan sepeda motor dan meninggalkannya di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, apalagi mudiknya cukup lama. Berikut ini penjelasan singkatnya. 

1. Sepeda motor yang ingin ditinggalkan lebih baik dicuci terlebih dahulu sampai bersih dan pastikan tidak ada air yang menempel, karena bisa memicu munculnya jamur. Selain itu, motor dalam keadaan bersih dapat terhindar dari korosi. 

2. Kondisi tangki bahan bakar usahakan terisi penuh, atau kuras hingga benar-benar kosong. Hal ini wajib dilakukan untuk mengindari besi bagian dalam tangki karatan karena proses penguapan bahan bakar bensin. 

3. Untuk memutus aliran listrik cabut kabel-kabel yang menempel ke aki motor. Lepas aki lalu letakkan di tempat yang aman. 

4. Berdirikan motor dengan standar dua. Lalu beri alas pada ban supaya tidak menempel langsung ke lantai. Ini penting agar ban motor tidak mudah kempis. 5. Pastikan sepeda motor diletakkan di tempat yang aman dan tidak terkena panas serta hujan. Sebaiknya berada di dalam ruangan. 

Jangan lupa gunakan kunci ganda untuk keamanan ekstra. Bila perlu tutup motor menggunakan kain atau cover khusus, langkah ini juga bisa melindungi motor dari debu. Sebagai tambahan, jika nanti akan digunakan setelah ditinggal lama lebih baik hidupkan mesin motor dengan cara diengkol atau kick starter. 

Menggunakan electric starter boleh, hanya berpengaruh terhadap aki. Menyalakan mesin sepeda motor dengan cara diengkol bisa membantu oli menyebar melumasi mesin. Bila sudah menyala, jangan langsung menggasnya biarkan beberapa saat agar oli mengalir sempurna. (*)

BERITA REKOMENDASI