Tingkatkan Literasi Digital di Cirebon RayaJaringan 4G XL Axiata Jangkau 95% Desa di 5 Kabupaten/Kota

CIREBON, KRJOGJA.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendorong ketersediaan jaringan 4G di lima wilayah kota/kabupatan di Cirebon Raya, Jawa Barat. Di area yang juga dikenal dengan sebutan Ciayumajakuning (Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, hingga Kuningan) tersebut, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 95% dari total 1.343 desa yang ada, dengan mengoperasikan lebih dari 1.300 BTS 4G.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan Cirebon Raya menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian utama kami di Jawa Barat karena menyimpan potensi ekonomi yang besar. Karena itu, XL Axiata akan terus memperkuat jaringan 4G di area ini agar bisa turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga desa-desa pelosok.

“Jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital.”

Menurut Bambang, dari total 1.343 desa di lima kota/kabupaten tersebut, jaringan 4G XL Axiata sudah tersedia di sekitar 1.300 desa. Sebanyak 60 desa di antaranya merupakan area yang baru terjangkau dalam dua tahun terakhir. Perluasan akan terus XL Axiata lakukan hingga menjangkau sebagian besar desa yang ada. Selain itu, peningkatan kualitas jaringan juga terus dilakukan untuk area yang sebelumnya sudah terlayani dan mengalami peningkatan trafik penggunaan internet.

Peningkatan kualitas jaringan antara lain dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS. Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas data menjadi maksimal. Jaringan 4G yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di area Cirebon Raya akan terus bertambah mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan peningkatan trafik data yang signifikan di seluruh kawasan ini. Selain itu, upgrade kapasitas 4G juga terus dilakukan dengan konsentrasi di area padat penduduk. Dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 130% di kawasan ini, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Cirebon.

Dengan total lebih dari 1.300 BTS di seluruh wilayah Cirebon Raya tersebut, XL Axiata telah melayani lebih dari 1,9 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten dan Kota Cirebon dengan total hampir 830 ribu pelanggan, menyusul Indramayu dengan lebih dari 650 ribu pelanggan, serta Kuningan dan Majalengka masing-masing sekitar 240 ribu pelanggan.

“Tahun ini jaringan 4G XL Axiata bahkan telah menjangkau banyak titik baru di Cirebon Raya seperti Desa Sidamukti, Kecamatan Panyingkiran dan Desa Cimuncang Kecamatan Malausma yang berada di Kabupaten Majalengka. Selain sektor pertanian, kedua daerah ini terkenal dengan pengolahan kerajinan lokal dari ijuk. Pada tahun ini juga tepatnya di Cirebon, jaringan XL Axiata telah menjangkau Desa Pegambiran dan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk”, imbuh Bambang.

Sebagai salah satu kawasan aglomerasi yang menghubungkan menghubungkan langsung beberapa provinsi di pantai utara pulau Jawa, Cirebon Raya tentunya memiliki potensi ekonomi dan sosial yang sangat besar. Sektor unggulan di kawasan ini meliputi pertanian, industri, perikanan, hingga pertambangan. Ada juga sektor wisata yang turut menopang Kota Cirebon.

Layanan untuk Masyarakat Cirebon Raya

Untuk menunjang proses kerja para pelaku UMKM, XL Axiata Business Solutions hadir dengan layanan khusus bagi pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini berupa paket khusus UMKM dengan benefit unlimited WhatsApp, telepon, SMS, kuota data yang besar, dan ada bundling dengan Microsoft 365. Berbagai segmen UMKM seperti pengrajin sepatu, handycraft, produsen snack rumahan, dan lainnya telah memanfaatkan program ini.

Sementara itu untuk mendukung berbagai aktivitas masyarakat XL Axiata kini memiliki sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan, termasuk untuk para pelajar dan mahasiswa. Pada produk XL, terdapat berbagai pilihan paket unggulan Xtra Combo Lite 28GB dengan kisaran harga Rp 60.000. Dengan paket ini, masyarakat dapat menikmati akses “unlimited beneran” ke berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Line, Instagram, Youtube hingga Netflix.

“Paket ini benar-benar unlimited, artinya pelanggan akan mendapatkan manfaat berupa akses internet tanpa batas selama 30 hari ke berbagai pilihan aplikasi popular saat ini. Pelanggan bisa bebas mengakses Whatsapp, Line, Instagram, Gojek, Facebook, serta aplikasi video streaming seperti Youtube, Netflix, Vidio hingga Viu tanpa perlu khawatir meski kuota utama sudah habis”, jelas Head of Sales XL Axiata area Cirebon, Dwianto Patria Awang Sisna.

Untuk layanan pascabayar, XL Prioritas menawarkan produk unggulan myPRIO X Unlimited yang terdiri dari Silver X, Gold X, Platinum X, Diamond X, dan Ultima X dengan harga mulai dari Rp 80.000, salah satu keunggulannya dapat menikmatiakses internet unlimited. Selanjutnya terdapat AXIS Bronet yang terkenal di kalangan millenial.

Produk ini menawarkan pilihan kuota mulai dari 2GB untuk masa aktif 60 hari untuk Cirebon, Majalengka, Kuningan, hingga Indramayu dan 3GB khusus untuk pelanggan di Kota Cirebon dengan harga mulai dari Rp 13.000. Pelanggan dapat menikmati beragam kuota bonus untuk edukasi, video conference, game, Tiktok dan dilengkapi dengan kuota tambahan sebesar 2GB per bulan yang bisa didapatkan melalui AXISNET.

Seluruh paket ini dapat diperoleh di lebih dari 4.600 toko pulsa yang tersebar di seluruh kecamatan di Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu. Masyarakat pun dapat langsung mendatangi XL Center Cirebon yang berlokasi di Jl Tuparev no 87 Cirebon, XL Center Indramayu yang berlokasi di Jl DI Panjaitan No 44B  Indramayu, dan XL Center Kuningan yang berlokasi di Jl Siliwangi No 293 Kuningan, Jawa Barat. Kartu internet dari XL dan AXIS pun sangat mudah didapatkan baik di kios-kios penjual produk seluler, hingga supermarket di ketiga wilayah. (*)

BERITA REKOMENDASI