Tlusure, Aplikasi Rekomendasi Tempat Hangout ‘Anti Mainstream’ Aman dan Nyaman

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Januari lalu, anak-anak Indonesia yang punya kegemaran jalan-jalan menginisiasi terbentuknya aplikasi bernama Tlusure. Aplikasi ini menarik karena berangkat dari pengalaman pribadi yang relate dengan keseharian dan berpadu dengan keresahan akibat pandemi Covid yang menerjang dunia mengubah kebiasaan.

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 30 ribu pengguna selama tiga bulan ke belakang. Aplikasi Tlusure akan membawa pengguna menuju suasana “mood” saat pertama kali mengakses.

Beberapa pilihan “mood” seperti  happy, sad, stress, relaxed dan lainnya akan bisa dipilih. Hasil pilihan “mood” tersebut akan memberikan rekomendasi kegiatan dan informasi tempat yang sesuai bagi pengguna.

Lokasi dan situasi tempat yang direkomendasikan oleh Tlusure akan memberikan informasi tingkat keramaiannya, dan apabila tempat tersebut dalam situasi keramaian tinggi, maka aplikasi ini akan memberikan rekomendasi tempat sekitarnya yang sesuai dengan tujuan pengguna, agar dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman. Di sisi lain, aplikasi ini, interaktif karena pengguna dapat berkontribusi memberikan informasi yang bisa menjadi referensi bagi para pelancong yang hendak mengunjungi sebuah destinasi.

Menariknya lagi, Tlusure melibatkan UMKM yang bergerak di bidang pariwisata untuk bergerak. Ruang makan, kafe, warung kopi, travel ataupun objek wisata bergabung, memberikan daya tarik baru bagi pengguna yang ingin merasakan sensasi bepergian atau hanya hangout dengan cara baru.

Alhasil, pengguna, baik pengunjung maupun pemilik bisnis sama-sama akan mendapatkan pengalaman yang aman dan nyaman berbekal aplikasi ini. Sandy Tantra, CEO Tlusure yang juga fulltime traveler mengungkap bahwa alasan membuat aplikasi tersebut karena berangkat dari situasi dampak pandemi yang mengubah kebiasaan orang.

“Berwisata zaman sekarang selain prokes tentunya dibutuhkan cara agar bepergian menjadi aman dan nyaman. Dengan adanya Tlusure, ini menjadi cara cerdas bagi masyarakat untuk bepergian di era new normal,” ungkap Sandy saat berbincang dengan media melalui aplikasi Zoom, Rabu (6/4/2022).

BERITA REKOMENDASI