Trafik Daring Melejit, Ekonomi Digital Terus Naik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa lalu lintas dari layanan daring (online) terus naik akibat Pandemi COVID-19. Aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat beralih ke layanan online atau digital.

Dia menekankan, ini menjadi salah satu manfaat adanya Pandemi COVID-19 terhadap perekonomian. Selama pandemi, terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dari online ke offline sehingga trafik online naik 15.029 persen saat ini.

“Terjadi shifting pola konsumsi barang dan jasa, dari offline ke online. Terjadi kenaikan trafik online sebesar 15-20 persen sehingga ini mempertegas pentingnya digitalisasi,” kata dia dalam diskusi virtual pekan lalu.

Akibat naiknya trafik online ini, ekonomi digital pada 2020 dikatakannya tumbuh pesat meskipun perekonomian secara umum terkontraksi hingga minus 2,07 persen pada 2020. Ekonomi digital dikatakannya mampu tumbuh hingga 11 persen secara tahunan pada 2020.

“Di samping dampak negatif, pandemi juga memberikan manfaat terhadap perkembangan ekonomi digital di tengah banyak tantangan di 2020. PDB (produk domestik bruto) ekonomi digital mencapai US$44 miliar atau tumbuh 11 persen dari tahun 2019,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI