Ada di Sekitar Bintang Muda, Planet Baru Ini Mulai Tumbuh

Rekan penulis penelitian, Anne Dutrey, dari Laboratorium Astrofisika Bordeaux di Prancis, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa lilitan itu harus dari beberapa model perancangan planet.

Anne mengatakan, “lilitan itu sesuai dengan hubungan dua spiral dimana satu berliku ke dalam orbit planet, yang lain meluas ke luar, yang bergabung di lokasi planet”. Ia lalu juga menambahkan bahwa itu memungkinkan gas dan debu dari cakram untuk mengalir ke planet pembentuk dan membuatnya tumbuh, seperti dikutip dari Space.com, Jumat (22/5/2020).

Peneliti mengatakan bayi planet ini terbentuk relatif jauh dari AB Aurigae yaitu sekitar 30 kali jarak Bumi-Matahari, atau kira-kira setara dengan jarak Neptunus dari matahari kita.

Pemimpin penelitian, Anthony Boccaletti, dari Observatoire de Paris di Université Paris Sciences et Lettres di Prancis mengatakan bahwa ribuan exoplanet telah diidentifikasi sejauh ini, tetapi sedikit yang diketahui tentang bagaimana mereka terbentuk.

Anthony juga menyampaikan, “kita perlu mengamati sistem yang sangat muda untuk benar-benar menangkap momen ketika planet terbentuk.”(*)

BERITA REKOMENDASI