Turnamen Esports Melejit di Tengah Pandemi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, turnamen Esports tetap eksis. Terkini, Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) bersama IESPL mendukung Esport dengan menyelenggarakan turnamen Piala Menpora Esports 2020.

Esports tetap eksis mengingat turnamen ini bisa digelar secara online. Menampilkan game online atau multiplayer, sehingga antara pemain yang satu dengan pemain yang lainnya tidak harus berdekatan, menerapkan physical distancing.

Dibandingkan dengan olahraga lain yang mungkin meredup, esports justru meningkat kepopulerannya dan mendapatkan antusias yang besar. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyatakan adanya lonjakan trafik internet layanan game online sebesar 61%.

Sejak bulan Maret misalnya, Brand Director Montoon Indonesia Aswin Atonie dalam zoom pada acara Media Talk – Piala Menpora Esports 2020 mengatakan game Mobile Legends mengalami peningkatan yang cukup tajam dan signifikan.

Ini dikarenakan aturan pemerintah yang menerapkan bekerja, dan belajar dari rumah untuk mengatasi pandemi. Sehingga banyak orang memanfaatkan waktunya untuk bermain game.

Strategi yang dilakukan bagi cabang game, salah satunya adalah dengan mengadakan turnamen-turnamen kecil secara online. Bahkan sejak pandemi berlangsung turnamen dari Mobile Legend sendiri, E-Project membuka akses turnamen bagi para komunitas dan sudah 50-70 turnamen online diselenggarakan dengan level dan skala yang berbeda.

Dai peningkatan tersebut juga tentu Eport memiliki kendala lain, yakni sponsor. “Implementasi yang dihadapi adalah bagaimana para sponsor masih percaya untuk berinvestasi,” ucap Giring Ganesha, Presiden of Indonesia Esport Premier League (IESPL).

BERITA REKOMENDASI