Twitter Bakal Permudah Verifikasi Akun Pengguna

TWITTER dikabarkan bakal mempermudah pengajuan verifikasi akun oleh pengguna. Informasi ini pertama kali diketahui oleh seorang reverse engineer, Jane Manchun Wong, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Engadget, Kamis (11/6/2020), dia menemukan ada opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan verifikasi akun miliknya. Jane menemukan fitur tersebut dari menu Pengaturan Akun.

Melalui unggahan di Twitter, Jane menunjukkan fitur ini tampil dengan keterangan ‘Request Verification’. Keterangan itu yang lantas disebut sebagai fitur Twitter memberi kesempatan pengguna mendapatkan centang biru di akunnya.

Perlu diketahui, fitur ini sebenarnya sempat digulirkan beberapa tahun lalu. Namun dihentikan pada 2017, sebab Twitter diketahui telah memverifikasi akun yang berhaluan kelompok supremasi kulit putih.

Di samping itu, apabila fitur ini benar-benar hadir, Twitter setidaknya mampu menjawab rasa penasaran pengguna mengenai kualifikasi mendapatkan verifikasi. Sebab, banyak pengguna tidak mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan untuk centang biru.

Kondisi itu sempat pula diungkap oleh CEO Twitter, Jack Dorsey, yang menyebut sistem verifikasi itu ‘rusak’. Karenanya, dia sempat mengatakan ingin membuka status verifikasi untuk semua orang.

Hanya untuk sekarang, tidak banyak informasi yang diungkap Twitter mengenai kemungkinan hadirnya fitur ini, termasuk implementasinya. Untuk itu, menarik menunggu informasi lebih lanjut dari situs microblogging tersebut.(*)

BERITA REKOMENDASI