Unik, Foto Matahari Senyum Mirip Labu Halloween

PADA Minggu, 28 Oktober 2019, NASA membagikan foto tampilan matahari yang terlihat mirip dengan labu Halloween atau Jack-o'-latern. Badan antariksa pemerintah Amerika Serikat ini mengunggahnya ke media sosial, yaitu Facebook dan Twitter.

Namun, potret tersebut sebenarnya adalah tangkapan yang diambil pada 8 Oktober 2014 oleh Solar Dynamics Observatory, misi NASA yang 'ditugaskan' untuk mengamati matahari sejak 2010.

"Bahkan bintang kita ikut merayakan Halloween," tulis NASA dalam caption foto itu, seperti dikutip dari The Independent, Selasa (29/10/2019).

"Pada 2014, daerah aktif di matahari menciptakan wajah serupa dengan jack-o-lantern, seperti yang terlihat dalam cahaya ultraviolet satelit Solar Dynamics Observatory kami."

Menurut NASA, daerah yang aktif tampak lebih cerah, karena di sana adalah area yang memancarkan lebih banyak cahaya dan energi.

"Wilayah tersebut merupakan penanda dari serangkaian medan magnet yang intens dan kompleks, yang melayang-layang di korona atau atmosfer matahari," NASA menjelaskan.

Gambar matahari itu memadukan dua set panjang gelombang ultraviolet ekstrem pada 171 dan 193 Angstroms, biasanya berwarna emas dan kuning, untuk menciptakan penampilan yang sangat bernuansa Halloween.

Solar Dynamics Observatory, yang mengambil foto itu, terus-menerus memonitor matahari dari orbitnya di angkasa luar.

Sementara itu, NASA juga mengajak warganet untuk mengunduh gambar beresolusi tinggi dari matahari Halloween ini, bertepatan dengan peringatan hari horor tersebut.

Beberapa tahun sebelumnya, sejak 2014, NASA juga mengunggah potret tersebut jelang perayaaan Halloween.(*)

BERITA REKOMENDASI