Update Windows 10 Timbulkan Masalah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Awal bulan ini Microsoft resmi merilis update Windows 10 versi Anniversary yang diklaim membawa 200 pembaruan untuk fitur-fitur seperti Windows Hello dan peramban Edge. Namun update tersebut belakangan dilaporkan menimbulkan masalah.

Beberapa pengguna Windows 10 melaporkan webcam komputernya rusak setelah mengunduh pembaruan yang bersangkutan. Update Windows 10 versi Anniversary disinyalir menghilangkan dukungan dua codec video yang banyak dipakai, yakni H.264 dan MJPEG. Langkah ini disebut untuk meningkatkan performa dengan memberikan akses langsung ke webcam untuk aplikasi-aplikasi Windows tertentu.

Tapi dampaknya, webcam pihak ketiga milik para penggguna Windows 10 banyak dilaporkan mengalami freeze, termasuk ketika dipakai untuk streaming dengan aplikasi Skype milik Microsoft sendiri. Dalam sebuah pernyataan, Microsoft secara tak langsung mengakui bahwa update tersebut memang bermasalah.

Selain webcam, berbagai layanan dan aplikasi multimedia yang mengandalkan kedua codec terkait dilaporkan ikut tumbang. (*)

BERITA REKOMENDASI