Vendor Lokal Kuasai Pasar China

 

CHINA, KRJOGJA.com  – Beberapa kombinasi ponsel Samsung dan Apple merajai banyak pasar smartphone. Namun rupanya, hal ini tak berlaku di China yang didominasi oleh pemain lokal. 

Data terbaru dari Counterpoint Research menunjukkan bahwa perusahaan China, Huawei dan BBK Electronics (melalui merek Oppo dan Vivo), mendistribusikan lebih banyak smartphone pada kuartal terakhir ini, ketimbang Apple dan Samsung.

Sebagian besar pertumbuhan Huawei, Oppo, dan Vivo berasal dari perangkat dengan harga yang terjangkau. Untuk model smartphone yang mereka rancang memang memiliki kesempatan yang luas di China. Di sisi lain, Xiaomi menunjukkan pertumbuhan yang berubah-ubah. Meskipun pertumbuhan Apple di kawasan ini menurun signifikan, Counterpoint mengatakan bahwa iPhone masih menguasai pasar premium dengan pangsa 80% di antara ponsel lain yang lebih terjangkau. 

Seperti diketahui, Apple hanya bermain pada pasar high-end yang umumnya lebih lemah dari ponsel Huawei dan BBK pada harga yang sama, sehingga perlambatan tampaknya terjadi karena pasar tersebut tengah jenuh untuk saat ini. (*)

BERITA REKOMENDASI