Virus Trojan Masuk Melalui Pokemon Go

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Fenomena Pokemon Go secara global membuat banyak aplikasi serupa bermunculan yang coba dimanafaatkan para penjahat siber. Bahayanya, aplikasi seperti ini biasanya dapat merebut akses root pada smartphone Android dan menggunakannya untuk menginstal /uninstall aplikasi serta menampilkan iklan yang tidak diinginkan.

Baru-baru ini para ahli Kaspersky Lab, menemukan sebuah aplikasi berbahaya di Google Play Store, yakni Guide for Pokemon Go. Dimana aplikasi disusupi virus Trojan dan sayangnya aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 500.000 kali, dengan 6.000 di antaranya telah sukses terinfeksi.

“Di dunia online, dimana pun pengguna berkumpul, maka para penjahat siber dengan cepat selalu mengikuti. Tidak terkecuali Pokemon Go. Pada awalnya, pengguna tidak menyadari adanya peningkatan yang menjengkelkan dan mengganggu dari iklan, tetapi implikasi jangka panjang dari infeksi bisa menjadi jauh lebih berbahaya,” Roman Unuchek, Analis Malware Senior, Kaspersky Laboratorium.

Trojan ini diterangkan memiliki beberapa fitur menarik yang digunakan untuk melewati deteksi. Sebagai contoh, Trojan tidak segera beraksi setelah korban membuka  aplikasi untuk pertama kalinya. Sebaliknya, Trojan akan menunggu pengguna ketika menginstal atau menghapus aplikasi lain, kemudian memeriksa untuk melihat apakah aplikasi tersebut berjalan pada perangkat atau pada mesin virtual. (*)

BERITA REKOMENDASI