VW Group Tarik 4,9 Juta Mobil di China, Ada Apa?

BEIJING, KRJOGJA.com – Volkswagen (VW) Group terpaksa harus menarik (recall) 4,9 juta kendaraan di China yang menggunakan airbag dari Takata karena diduga bermasalah. Mobil-mobil yang di-recall mencakup semua kendaraan yang diproduksi secara lokal oleh FAW-VW, SAIC-VW, dan FAW-Audi. Selain itu, ada dari mobil impor merek VW, Audi, Seat, serta Skoda.

"Dengan melakukan tindakan ini, perusahaan menanggapi saran dari otoritas keamanan China. Sampai sekarang belum ada kasus yang disebabkan airbag Takata yang cacat di kendaraan Volkswagen Group mana pun di dunia," kata pihak Volkswagen seperti dikutip dari Carscoops.

Mengutip dari Chinese General Administration of Quality Supervision, Inspection, and Quarantine (AQSIQ), penarikan akan dimulai pada Maret 2018 dan terus berlanjut sampai 2019.

Rincian lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan airbag belum diumumkan, namun ini merupakan angka recall terbesar dari VW. Diperkirakan lebih dari 20 juta mobil yang terjual di China sudah dilengkapi airbag Takata yang cacat.

VW bukan satu-satunya yang direpotkan karena airbag Takata bermasalah, masih banyak produsen mobil lainnya yang juga bernasib sama. Di antaranya Honda, Toyota, dan Ford. Recall tidak hanya berlaku untuk pemilik mobil di satu atau dua negara, melainkan di hampir seluruh negara di dunia. (*)

BERITA REKOMENDASI