Warga Bintaran Kidul Kini Bisa Nikmati Internet Murah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga Bintaran Kidul Mergangsan Yogyakarta kini dapat menikmati fasilitas jaringan internet dengan harga terjangkau. Jika sebelumnya warga mengakses internet dengan menggunakan kuota pribadi, namun kini mereka dapat memanfaatkan layanan WiFi yang diberi nama Layanan Internet Masyarakat (LIMas).

Program LIMas ini digagas para pemuda setempat yang tergabung dalam Paguyuban Bintaran Bersatu Hanya dengan membayar Rp 30 ribu setiap bulan, warga bisa bebas berselancar mengakes internet tanpa dibatasi kuota.

Ketua Paguyuban Bintaran Bersatu, Reno Ardana mengatakan dicetuskannya LIMas berawal dari adanya keluhan para orangtua perihal tugas-tugas daring yang diberikan oleh sekolah anak-anak mereka saat masa pandemi ini. Mereka mengeluhkan uang Rp 60 ribu habis untuk membeli kuota data yang hanya dipergunaakn selama tiga hari, padahal para orangtua harus menyediakan jaringan internet setiap hari bagi anak-anak.

“Para orangtua yang mengeluhkan borosnya paket data. Itulah yang kami tangkap sebagai masukan untuk bagaimana kami sebagai pemuda di Bintaran ini bisa membantu persoalan warga tersebut,” ungkap Reno Ardana.

Berbagai upaya dilakukan para pemuda Bintaran, hingga akhirnya mereka bertemu dengan perusahaan peneyedia layanan internet yang memungkinkan untuk memfasilitasi keluhandari masyarakat tersebut. Dari awalnya hanya melakukan pemasangan satu tower WiFi, kini setidaknya lebih dari lima tiang terpangsang di Bintaran Kidul.

Untuk satu tiang setidaknya bisa memancarkan jaringan internet untuk radius 100 meter. Dari total WiFi yang terpasang, kini kebutuhan internet untuk 180 kepala keluarga dapat terpenuhi dengan akses cepat hingga 40 Mbps.

“Setiap bulan warga hanya membayar Rp 30 ribu saja. Uang tersebut akan dikelola oleh paguyuban dan nantinya akan kembali kepada masyarakat dengan berbagai program ataupun kegiatan lain,” tambahnya.

Ia dan para pemuda Bintaran yang lainnya saat ini masih terus mengembangkan agar jaringan internet dapat dinikmati seluruh warga. Reno Ardana berharap dengan adanya jaringan internet murah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat ditengah era yang serba maju seperti saat ini.

“Masih ada dua kepala keluarga yang berada pada ‘blank spot’, kami terus mengupayakan jaringan sampai ke sana. Target kami seluruh warga dapat terpenuhi kebutuhan internet sehingga dapat menunjang dan meningkatkan produktivitas masyarakat,” jelasnya.

Direktur Partnership and Application Pelangi Surya Persada (PSP), Kurniawan Madiharta menjelaskan kawasan Bintaran ini menjadi perintis untuk penyediaan layanan internet murah di perkotaan. Sebelumnya pihaknya telah melakukan pemasangan serupa di daerah terpencil seperti Nunukan, Kubu Raya hingga Lombok.

“Bintaran ini menjadi wilayah pertama di perkotaan yang kami kerjakan. Mungkin ini bisa menjadi pilot project bagi kami dalam penyedian layanan internet,” jelas Kurniawan Madiharta. (*)

BERITA REKOMENDASI