‘Weed Solut-ion’ Dukung Pertanian Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pandawa Agri Indonesia, perusahaan berbasis lifescience pertama dan satu satunya di Indonesia yang berfokus pada pengembangan produk reduktan pestisida meluncurkan produk terbaru Weed Solu-tion. Weed Solut-ion atau WS merupakan reduktan herbisida dan bekerja sebagai carrier untuk mengikat bahan aktif herbisida dan membantu mencapai lokasi target meskipun dosisnya dikurangi hingga 50 persen dari dosis awal.

CEO dan Co-Founder Pandawa Agri Indonesia Kukuh Roxa mengatakan WS membantu aplikasi herbisida dapat bekerja secara maksimal sehingga bahan aktif herbisida tidak banyak terbuang ke bagian-bagian lain yang bukan merupakan tujuan utamanya. Weed Solut-ion bukan merupakan herbisida sehingga tidak dapat digunakan secara tunggal atau tanpa dicampurkan dengan herbisida.

“Sebagai industri yang memiliki peranan yang cukup besar dalam membantu kemajuan ekonomi negara, industri pertanian selama ini masih sangat bergantung pada bahan kimia berbahaya yang berpengaruh terhadap lingkungan dan konsumen. Oleh karena itu, kami berharap agar inovasi dan produk kami dapat terus meningkatkan keamanan dan sustainability dari industri pertanian,” ujar Kukuh dalam Zoom Meeting Media Conference Pandawa Agri Indonesia, Rabu (10/2).

Kukuh menjelaskan sektor pertanian memiliki dampak yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, dengan berkontribusi sebesar 15 persen dari total PDB Indonesia berdasar data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS). Menurut BPS total jumlah petani pada tahun 2020 ada sekitar 33,4 juta orang atau sekitar 12 persen dari total penduduk Indonesia yang menunjukkan ketergantungan negara pada sektor ini, ditambah banyaknya peluang komoditas ekspor yang dimiliki sektor pertanian Indonesia, seperti kelapa sawit, kakao, kopi dan karet yang merupakan produk unggulan ekspor Indonesia.

BERITA REKOMENDASI