WFH Permanen Efektif, Facebook hingga Twitter Sudah Menerapkan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 untuk beberapa negara terlihat sedikit lebih baik, namun pada dasarnya belum benar-benar berakhir selama vaksin belum ditemukan. Sambil menunggu vaksin, mau tidak mau manusia harus membiasakan diri dengan kehidupan normal baru. Salah satu yang diterapkan adalah bekerja dari rumah atau work from home.

Untuk sebagian orang bekerja dari rumah justru menyusahkan, banyak hal yang sulit dilakukan selama di rumah. Namun tidak jarang juga yang merasa nyaman untuk bekerja dari rumah.

Dilansir Click2houston, beberapa perusahaan pada akhirnya memutuskan untuk membiarkan pekerjanya bekerja dari rumah secara permanen atau setidaknya untuk jangka waktu yang lama.

Salah satu yang menerapakan ini adalah Facebook. Melalui siaran langsung Mark Zuckerberg, CEO Facebook mengatakan bahwa setengah dari pekerja mereka dapat bekerja dari rumah setidaknya selama 5 hingga 10 tahun ke depan.

Menurutnya dengan bekerja dari rumah, kenyamanan karyawan lebih terpenuhi dan dapat mendapatkan kemakmuran ekonomi yang lebih luas. Hal ini berkaitan dengan lebih tidak terbatasnya orang yang bekerja meski berasal dari wilayah yang jauh.

“Ketika Anda membatasi mempekerjakan orang yang tinggal di sejumlah kecil kota besar, atau yang bersedia pindah ke sana, itu memotong banyak orang yang tinggal di komunitas yang berbeda, memiliki latar belakang berbeda, memiliki perspektif berbeda,” ucap Mark Zuckerberg.

Selain Facebook, perusahaan dari platform Twitter juga memutuskan untuk menerapkan work-from-home dalam jangka waktu lama atau selamanya. Perusahaan mengklaim bahwa dalam beberapa bulan terakhir pekerja telah menunjukkan bahwa mereka dapat beroperasi dengan baik, sehingga meneruskan sistem demikian sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Hingga kini Twitter masih belum memberikan rincian divisi apa saja yang memiliki kriteria untuk dapat bekerja dari rumah. Namun hal ini juga akan berlaku untuk perusahaan lain milik CEO Twitter Jack Dorsey yang bernama Square.

“Kami ingin karyawan dapat bekerja di tempat yang menurut mereka paling kreatif dan produktif. Melangkah lebih maju, Square akan dapat bekerja dari rumah secara permanen, bahkan ketika kantor mulai dibuka kembali. Selama beberapa minggu terakhir, kami telah belajar banyak tentang apa yang diperlukan orang untuk melakukan peran secara efektif di luar kantor, dan kami akan terus belajar sambil berjalan.” ucap juru bicara perusahaan kepada The Verge.

Selain ketiga perusahaan tersebut, perusahaan lain seperti platform komunikasi Slack, platform penyimpanan online Box, dan perusahaan e-commerce Shopify juga akan melakukan hal yang sama. Setidaknya untuk Box akan menerapkan ini hingga akhir 2020 dan Shopify menutup kantor hingga 2021.

Adapun selain perusahaan di bidang dunia digital, salah satu perusahaan otomotif yakni pembuat mobil asal Prancis bernama Groupe PSA juga akan melakukan hal serupa. Ini akan berlaku untuk pekerja non-produksi, dan rencananya sistem work-from-home yang baru akan mulai diberlakukan sejak musim panas tahun ini.

BERITA REKOMENDASI