WhatsApp Diserang ‘New Year Virus’

JAKARTA, KRJOGJA.com – Peretas memiliki cara baru untuk menyerang pengguna WhatsApp. Kali ini melalui tautan link ucapan Tahun Baru. Meskipun sederhana, link mampu menyerang pengguna dengan mencuri data pribadi pengguna di smartphone maupun PC. Serangan tersebut belakangan dikenal sebagai 'New Year Virus'.

Dilansir dari laman Somag News, Senin (6/1/2020) virus WhatsApp tersebut bekerja dengan sederhana, yakni dengan menyebar melalui pesan ucapan Tahun Baru yang berisi tautan berbahaya. Umumnya, karena bertepatan dengan momen tahun baru, pengguna akan membuka link karena merasa penasaran dengan ucapan tersebut.

Dengan mengklik tautan, virus nantinya mampu meretas perangkat dan membanjiri pengguna dengan iklan yang menggangu dan penawaran keanggotaan ke beberapa layanan. Virus ini kabarnya telah menyebar di beberapa negara.

Tipsnya, saat mendapati pesan WhatsApp dengan tautan link, pengguna harus lebih hati-hati. Jangan langsung mengklik tautan tersebut, apalagi jika pesan dikirim dari nomer yang tidak Anda kenal.

 

BERITA REKOMENDASI