Widya Analytic Adakan Pelatihan Data Analytic With Tableau 

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam setiap pengambilan keputusan, informasi menjadi hal krusial yang bisa mempengaruhi proses serta keputusan akhir suatu kebijakan.

Informasi tidak akan tercipta tanpa adanya data. Namun, data yang ada harus diolah terlebih dahulu agar bisa menjadi sumber daya yang penting bagi instansi atau perusahaan.

Data yang telah diolah akan memberikan banyak manfaat, di antaranya dapat meningkatkan efisiensi operasional, membantu pengambilan keputusan, serta meningkatkan inovasi dalam suatu perusahaan.

Memahami situasi tersebut, Bank Kalteng selaku instansi yang menyadari pentingnya pengolahan data berinisiatif mengadakan pelatihan data untuk para karyawannya. Bank daerah tersebut menggandeng Widya Analytic, salah satu startup big data, sebagai penyelenggara pelatihan.

Pelatihan tersebut diadakan pada tanggal 13 – 14 Juli lalu dengan pembahasan Data Analytic menggunakan Tableau.

Alasan pemilihan Tableau sebagai tools dalam pelatihan kali ini karena  aplikasi ini memiliki grafik analisis bawaan yang menarik sehingga cukup populer di kalangan data analyst.

Dalam melakukan visualisasi informasi, Tableau memiliki grafis dan skema warna yang sangat sederhana sehingga memudahkan pengguna. Pelatihan ini bertujuan agar membantu peserta memahami lebih luas konsep-konsep yang relevan dari analisis data dan ilmu data.

Selama masa pelatihan, peserta mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah training kit (materi dan lab belajar, alat tulis, serta pouch materi), sertifikat pre-test dan post test, souvenir, best-practice penggunaan tools, peserta yang dibimbing pemateri secara langsung, gratis akses Toba.AI sebagai tools sosial media monitoring dari Widya Analytic, dan masih banyak lainnya.

Menghadirkan Cevi Herdian sebagai pembicara, pelatihan yang berlokasi di Malang tersebut berjalan cukup lancar. Tidak diperlukan pengalaman khusus di bidang matematika atau sains komputer untuk menjadi peserta karena materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, bahkan oleh pemula sekali pun.

“Kesannya sangat baik, materinya bagus. Pembawa materi juga sangat profesional. Untuk teman-teman, ayo ikut pelatihan di Widya Analytic agar bisa menambah ilmu pengetahuan, khususnya di bidang data,” ungkap Damianus Dony Belan, salah satu peserta pelatihan.

Senada dengan yang disampaikan peserta, Widya Analytic sebagai mitra Bank Kalteng dalam pelatihan ini juga berharap hal yang sama.

Dengan adanya pelatihan mengenai cara menganalisis data, harapannya peserta bisa menerapkan ilmu data tersebut pada berbagai masalah bisnis, ilmiah, dan teknik di masing-masing instansi atau perusahaan tempat mereka bekerja. (*)

BERITA REKOMENDASI