YAHM Lakukan Aksi Penghijauan hingga Papua

JAYAPURA (KRjogja.com) – Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) melakukan penandatanganan kerjasama dengan SMKN 4 Jayapura Papua untuk melakukan aksi penghijauan melalui pengembangan laboratorium kultur jaringan sekolah. Melalui kegiatan ini, dihasilkan bibit-bibit tanaman untuk menghijaukan kawasan timur Indonesia.

Penandatangan kerjasama Kultur Jaringan turut dihadiri Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Kota Jayapura Nur Hadi di SMKN 4 Jayapura, Papua (10/12/2016). Pengembangan laboratorium penghijauan di wilayah timur Indonesia turut didukung Astra Motor Jayapura sebagai main dealer sepeda motor Honda area Papua(10/12).

Ketua YAHM I Putu Astawa menyampaikan kerjasama pengembangan kultur jaringan bersama dunia pendidikan merupakan upaya  alih teknologi penghijauan ke sekolah dengan menghasilkan bibit-bibit tanaman yang bermanfaat untuk bumi yang lebih hijau di masa mendatang.

“YAHM bersama AHM telah berhasil dalam mengembangkan laboratorium kultur jaringan di lingkungan perusahaan. Bibit yang dihasilkan juga telah dimanfaatkan dalam program penghjiauan di berbagai lokasi. Berangkat dari sini, kami ingin mentransfer pengetahuan ini kepada masyarakat melalui dunia pendidikan, sehingga lebih banyak pihak yang merasakan manfaat kultur jaringan ini,” ungkapnya.

Komitmen YAHM dalam berkontribusi mengijaukan kawasan timur ini sebelumnya telah digulirkan juga di laboratorium kultur jaringan AHM dan sekolah-sekolah pertanian dan kehutanan di berbagai wilayah. Tahun ini, laboratorium kultur jaringan AHM telah menghasilkan 80 ribu bibit pohon. 

Sementara itu, sebanyak 180 ribu bibit pohon telah dihasilkan dari laboratorium kultur jaringan di 8 sekolah binaan yang telah berhasil memproduksi berbagai bibit tanaman sejak tahun lalu. Sekolah-sekolah binaan yang sudah bekerjasama sebelum 2016 tersebut adalah SMKN2 Tangerang, SMKN 2 Subang Jabar, SMKN1 Karang Baru Aceh, SMKPTN Riau, SMKN2 Metro Lampung, SMKN 5 Jember Jatim, SPPN Banjarbaru Kalsel, dan SPPN Kalesey Sulut.Jakarta, 11 Desember 2016. (*)

 

BERITA REKOMENDASI