YouTube Dituduh Sebarkan Video Menyangkal Perubahan Iklim

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Youtube dituduh ikut aktif menyebarkan konten video yang menyangkal soal terjadinya perubahan iklim. Tuduhan ini dilayangkan oleh salah satu organisasi yang bergerak pada sektor lingkungan, Avaaz. 

Avaaz melakukan pemeriksaan terhadap 5.537 video terkait perubahan iklim, pemanasan global, atau mencari soal teori konspirasi soal manipulasi iklim. 

Hasil pencarian kata kunci ini menampilkan video terkait informasi yang salah muncul saran video selanjutnya di Youtube. Video-video itu telah disaksikan oleh 21,1 juta pengguna. 

Kelompok aktivis itu menemukan iklan dari 108 merek tampil pada video yang menyampaikan soal disinformasi terkait penyangkalan perubahan iklim ini. Merek besar seperti Samsung, Uber, Nintendo, Showtime, Harley Davidson, dan Warner Bros adalah salah satunya. 

Selain itu iklan dari penggiat lingkungan seperti World Wildlife Fund dan Greenpeace juga tampil pada video misinformasi tersebut. Meski demikian, Samsung dan 10 pengiklan lain menyebut tak mengetahui kalau iklan mereka tampil di video tersebut. 

Hal ini dianggap bertentangan dengan kebijakan Youtube yang membatasi peredaran konten berbahaya dan teori konspirasi di platformnya. (*)

BERITA REKOMENDASI