YouTube Hapus Konten Obat Tradisional Sembuhkan Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Google telah menurunkan sejumlah video yang beredar di Youtube berisi konten obat tradisional yang tidak terbukti menyembuhkan virus corona novel (COVID-19) secara medis. Youtube menilai konten tersebut menimbulkan kegaduhan karena membuat hasutan bahwa tak perlu berkonsultasi dengan dokter dan cukup mengandalkan obat tradisional.

“Jadi kalau misalnya ada video (obat tradisional) yang ngakunya lebih ampuh (menyembuhkan virus corona) daripada ke dokter dan tidak terbukti secara medis, pasti kita take down,” kata Head of Public Policy Google Indonesia, Putri Alam.

Konten obat tradisional misalnya yang menawarkan jamu-jamuan untuk meningkatkan imunitas tubuh, masih dapat beredar di paltform mereka. Penurunan konten virus corona yang tidak terbukti secara medis itu dilakukan melalui machine learning dan manual.

Menurut Putri, maksud dari cara manual itu ketika pengguna melaporkan konten virus corona yang tidak sesuai dengan pedoman komunitas Youtube lewat fitur ‘flagging tools’.

“Kita mengandalkan juga laporan dari publik melalui flagging tools kita dan kalau seperti itu kita review (tinjau) secara manual,” tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI