Zaman Berkembang, Setir Mobil Juga Berevolusi dan Kaya Fitur

Sejak saat itu, salah satu pabrikan mobil Eropa, Peugeot langsung merespons dengan mulai menerapkan sistem roda kemudi pertama pada Type 36 tahun 1901, dan dilengkapi dua buah inovasi, yaitu roda kemudi dan kap mesin yang merupakan hal baru pada masanya.

Pada awal 1990, penggunaan airbag dan power steering pada roda kemudi semakin umum. Hal ini mengubah paradigma dari roda kemudi yang semula hanya memiliki fungsi untuk bermanuver kendaraan, menjadi lebih multifungsi.

Berbagai inovasi terhadap roda kemudi pun semakin marak dilakukan. Mulai dari perubahan bahan dasar, bahan pembungkus, bentuk, dan juga penyematan berbagai teknologi dan fungsi pada roda kemudi itu sendiri.

Ajang perlombaan balap juga memiliki peran penting dalam perkembangan inovasi bentuk dan fungsi dari roda kemudi. Pada mobil balap Peugeot 908, seluruh kontrol kendaraan disematkan pada sistem roda kemudinya. Kemudian inovasi ini diadopsi pada roda kemudi Peugeot harian terkini, dengan menyematkan berbagai teknologi dan fungsi.

BERITA REKOMENDASI